JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

34 Perusahaan Nasional Ikuti UNS Solo Job Fair XX

34 Perusahaan Nasional Ikuti UNS Solo Job Fair XX. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sebagai bentuk kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja di Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar UNS Solo Job Fair XX. Event ini diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) UNS di Auditorium G.P.H Haryo Mataram UNS dan Student Center UNS selama dua hari yaitu Rabu (25/9/2019) dan Kamis (26/9/2019).

Ketua CDC UNS, Dr. Kusnandar mengatakan, pada Rabu (25/9/2019) pagi, sebanyak 8.600 orang baik lulusan Sarjana, Diploma, maupun SMA/K telah mendaftarkan diri dalam acara tersebut. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus meningkat, mengingat pada penyelenggaraan sebelumnya jumlah pengunjung mencapai angka 9.000.

“Pengunjung yang sudah mendaftar sebanyak 8.600 orang. Ada kemungkinan untuk bertambah. Mudah-mudahan dapat kita fasilitasi dengan baik. Para pengunjung dapat bertemu dan mendaftar di perusahaan yang diidamkan. Begitu juga dengan perusahaan, semoga mendapatkan SDM yang berkualitas untuk kemajuan perusahaan,” terang Kusnandar disela-sela acara.

Bukan hanya jumlah pengunjung yang banyak, Kusnandar juga menyatakan bahwa masih banyak perusahaan yang ingin turut serta dalam Job Fair ini.

“Bahkan tadi malam saya masih menerima telepon dari beberapa perusahaan yang ingin ikut serta dalam Job Fair ini. Tetapi kami baru bisa mengatur tempat untuk 33-34 perusahaan saja,” imbuh Kusnandar.

Baca Juga :  10 Tersangka Sudah Dibekuk, Polisi Buru 5 DPO Termasuk Otak Kasus Penyerangan Mertodranan Solo

Sementara itu, Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo berharap Job Fair ini dapat memperpendek masa tunggu kerja di Indonesia. Di sisi lain, beliau mengatakan bahwa saat ini rekruitmen pegawai, lulusan PT secara akademik sudah cukup . Tetapi ada 80% kompetensi lainnya yang seringkali belum dikuasai.

“Seperti kemampuan bahasa Inggris, komunikasi, dan presentasi itu belum banyak dikuasai. Maka silakan memutar pikiran untuk meningkatkan 80% kompetensi tersebut,” tutur Prof. Kuncoro saat membuka acara.

Sementara itu, salah satu perusahaan peserta Job Fair, yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka 400 lowongan pekerjaan di UNS Solo Job Fair ini baik bagi lulusan Sarjana, Diploma, maupun SMA/K.

“Tahun ini kami membutuhkan 1.000 pegawai. Di UNS Solo Job Fair ini kami membuka 400 lowongan. Dan kali ini, kali pertama kami membuka lowongan menjadi masinis baik untuk laki-laki atau perempuan. Kami mengutamakan kualitas tentunya. Yaitu pegawai dengan kualitas nasional dan berwawasan global,” kata Wawan Ariyanto, Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control, and Development PT KAI.

Peserta atau pengunjung UNS Solo Job Fair tidak hanya datang dari daerah Soloraya saja, tetapi ada yang datang dari wilayah Cirebon. Salah satunya adalah Sri Handayani.

Baca Juga :  Klaster Ulang Tahun Kembali Sumbang Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Solo, Total Kasus 611

“Saya berangkat dari Cirebon tadi malam bertiga sama teman. Tahu info acara ini dari instagram UNS dan CDC UNS. Rencananya saya ingin mendaftar di KAI,” ujarnya.

Berikut 33 Perusahaan Yang Mengikuti Uns Job Fair Ke-20, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Nindya Karya (Persero), PT Shoetown Lingung Indonesia, PT Wook Global Technology, PT Mandiri Tunas Finance, PT Indofood Sukses Makmur, Tbk Divisi Bogasari, PT Indo Acidatama, Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, PT Cimb Niaga Tbk, PT Ifars Pharmaceutical Laboratories, PT Nojorono Tobacco International, PT Marga Nusantara Jaya (Konimex Group), PT TriU ntar an Usaha Sejahtera Pratama, PT Ungaran Sari Garments, PT Matahari Dept. Store, PT Mitra Pelajar, PT Bni Life Insurance, PT Bank Mega Tbk, PT Bfi Finance Indonesia, Tbk, PT Pan Brothers Tbk, PT Cahaya Tirta Rasa (Tong Tji), PT Web Media Technology Indonesia, Duniatex Group, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Asia Recycle Mandiri, PT Mekar Armada Jaya, PT Rosalia Indah Transport, Yayasan Kader Penerus Teknologi (Smp-Smk Boedi Oetomo Cilacap, PT First State, KSPPS Bmt Tumang, Panties Pizza, Cv Satu Jalan Sukses (Ilufa 168). Triawati PP