JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Soto, Gado-gado, Sate, Rendang dan Nasgor Ditetapkan sebagai Makanan Nasional

Proses pembuatan gado-gado. Republika.co.id

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Indonesia memiliki keanekaragaman diberbagai bidang, mulai dari suku, bahasa, budaya, busana termasuk kuliner. Meski sangat kaya akan keragaman kuliner, Indonesia saat ini belum menjadi surga kuliner dunia.

“Indonesia belum jadi surganya kuliner dan belanja, wisman (wisatawan mancanegara) kalau mau belanja ke Singapura bukan Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam pembukaan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019, di Jakarta.

Arief mengungkapkan setidaknya ada tiga alasan mengapa Indonesia belum menjadi surga kuliner dunia. Salah satu alasan tersebut adalah Indonesia belum memiliki national food atau makanan nasional.

“Kalau Malaysia punya nasi lemak, Thailand ada tom yam,” lanjut Arief.

Melihat hal ini, Kementerian Pariwisata RI memutuskan untuk memilih lima makanan khas Indonesia menjadi makanan nasional. Kelima makanan tersebut adalah soto, sate, gado-gado, rendang dan nasi goreng.

“Tiga dari lima makanan ini telah ditetapkan oleh CNN sebagai makanan terenak di dunia,” ungkap Arief.

Alasan kedua adalah Indonesia belum memiliki destinasi kuliner. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata RI membuat tiga destinasi kuliner di Indonesia yang akan bersertifikasi UNWTO. Ketiga destinasi tersebut adalah Bali, Yogyakarta dan sekitarnya atau Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang), serta Bandung.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com