JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Tim Bengawan UV UNS Targetkan Menang di Dua Kontes Nasional

   
Tim Bengawan UV UNS. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sukses meraih juara 2 dan mendapat penghargaan sebagai program terbaik di kontes kendaraan tanpa awak pada tahun 2018, Tim Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta siap berkompetisi kembali di dua kontes nasional 2019 ini.

Dua kontes tersebut yaitu Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 di Landasan Udara TNI AL Grati, Pasuruan pada tanggal 1-5 Oktober 2019 dan Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2019 di Sengkaling, Malang pada 10-13 Oktober 2019. Hal ini ditandai dengan peluncuran prototype Robot Terbang dan Kapal Tak Berawak serta pelepasan Tim Bengawan UV pada Jumat (27/9/2019) di halaman Gedung dr.Prakoso UNS.

Billy Yansa Latif Imamah, Manajer Tim Bengawan UV mengatakan bahwa dua kontes ini merupakan kontes skala nasional bergengsi dan memiliki tahap penyeleksian yang ketat sebelum menjadi finalis.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

“Ada banyak sekali yang mendaftar dan kami berhasil menjadi finalis. Di KRTI kami ikut 3 kategori, yaitu Verhicle Take Off and Landing (VTOL) untuk drop dan ambil barang sesuai lokasi yang ditentukan, balapan pesawat (racing plane), dan pesawat untuk mapping dan monitor,” jelas Billy.

Sementara itu, untuk Kontes Kapal Cepat tim ini juga mengikuti tiga kategori salah satunya electric boat. Billy pun menambahkan bahwa ada beberapa perbaikan yang dilakukan oleh tim ini untuk mencapai target juara.

“Target kami tahun ini adalah menjadi juara, maka ada beberapa perbaikan dan strategi. Seperti perbaikan pada body dan dimensi kapal, peningkatan kecepatan juga CC. Jika tahun lalu bisa dioperasikan sekitar 15-20 menit, tahun ini sudah bisa 30 menit,” imbuh Billy.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof.Dr. Jamal Wiwoho saat melepas Tim Bengawan UV berpesan agar mahasiswa terus melakukan inovasi melalui karya dan beragam kompetisi.

“Mahasiswa harus melakukan banyak inovasi, terutama dalam lomba-lomba seperti ini. Jika tahun 2017 kita mendapat penghargaan sebagai pendatang terbaik, 2018 sebagai program terbaik, dan meraih juara 2, maka tahun ini harus menjadi juara. Saya titipkan UNS dalam Kontes ini pada kalian,” ujar Prof Jamal. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com