loading...
Loading...
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat meninjau Pilkades Taraman, Sidoharjo. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menolak anggapan Pilkades serentak di 167 desa Kamis (26/9/2019) masih diwarnai jor-joran money politic. Pasalnya ia mengatakan hingga siang hari H menjelang pemungutan suara, tidak ada laporan money politic yang masuk ke tim deks kabupaten.

Hal itu disampaikan bupati saat meninjau pelaksanaan Pilkades di Desa Taraman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen. Bupati hadir didampingi Wabup Dedy Endriyatno, Sekda Tatag Prabawanto dan jajaran tim desk kabupaten.

“Sampai hari ini, saya tidak menerima laporan (money politic). Selama tidak ada laporan, ya berarti clear (bersih) tidak ada money politic,” paparnya.

Soal realita di hampir semua desa, warga masih menerima tembakan uang, Bupati balik bertanya apakah ada yang melapor. Ia juga mempertanyakan kenapa warga tidak mau melaporkan.

Baca Juga :  Detik-detik 10 Menit Nan Mencekam Angin Menyapu Donoyudan Kalijambe.  Puluhan Pohon Besar Tumbang, Puluhan Rumah Diterpa Kerusakan 

Lebih lanjut, Bupati Yuni menyebut money politic ibarat kentut. Yang baunya ada tapi ketika dicari orangnya siapa tidak ada yang mengaku.

“Kalau takut (lapor), ya sudah. Kita nggak bisa proses dong,” tukasnya.

Soal kinerja tim Satgas Anti Money Politic yang sudah dibentuk, bupati menyebut sudah berada pada jalurnya. Namun karena tidak ada laporan, praktis tim juga tak bisa menindaklanjuti.

“Yang terpenting, sekarang kita sudah belajar dan mengerti. Ke depan mudah-mudahan lebih baik lagi,” tukasnya.

Sementara, Sekda Tatag Prabawanto menilai juga belum ada laporan masuk ke tim kabupaten soal money politic. Perihal fenomena di lapangan dan pengakuan masyarakat masih jor-joran tembakan dari calon, sejauh ini tim belum menerima laporan.

Baca Juga :  Kalapas Kelahiran Papua Bawa Lapas Sragen Raih Predikat WBK dari Kemenpan-RB. Dirjen Pemasyarakatan Pesan Harus Bebas Narkoba!

“Yang jelas tidak ada laporan. Perlu proses panjang untuk ke sana. Harus sabar,” katanya.

Secara umum, Bupati menambahkan pelaksanaan Pilkades relatif lancar dan kondusif. Antusias warga juga luar biasa.

“Walau sudah selesai, mereka masih antusias menyaksikan hasil perhitungan,” tandasnya. Wardoyo

 

Loading...