JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Ambyar, Hanya Dalam Sejam 3 Korban Tewas Kecelakaan di Jalan Raya

Bus zebra cendekia menyambangi SMP di Karrasura, Sukoharjo. Dok. Polres Sukoharjo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Bus zebra cendekia menyambangi SMP di Kartasura, Sukoharjo. Dok. Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakta miris terjadi di Jalan Raya tanah air. Menurut data kepolisian, di Indonesia rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakan lalu lintas.

Data tersebut juga menjelaskan bahwa 61 persen kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Meliputi kemampuan dan karakter pengemudi.

Dari faktor kemampuan dan karakter tersebut paling tinggi melibatkan pengendara di bawah umur yang belum waktunya memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Baca Juga :  Innalillahi, Bocah 3 Tahun Meninggal Tenggelam di Saluran Somoulun Miratan Desa Grajegan Kecamatan Tawangsari Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Jumat (11/10/2019), menjelaskan, tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja dibawah umur, khususnya pengendara sepeda motor telah menimbulkan keprihatinan banyak pihak.

Berbagai upaya kemudian dilakukan pihak terkait untuk membangun disiplin berkendara di jalan raya. Salah satunya seperti yang dilakukan Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Sukoharjo melalui Road Show Bus Zebra Cendekia di SMP N 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (10/10/2019).

Baca Juga :  Mendekati Angka 100, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif Corona di Sukoharjo Mencapai 98

“Berbagai kegiatan seperti safety riding, game pengenalan rambu lalu lintas dan pelatihan singkat tentang kedisiplinan berlalu lintas,” jelas dia.

Bus Polda Jateng ini merupakan yang pertama kali dilengkapi game edukasi berlalulintas. Melalui kegiatan road show di berbagai wilayah di Jawa Tengah ini diharapkan angka kecelakaan lalulintas semakin berkurang. Aria