JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mengenal Tari Kucing, Kuy. Asli Wonogiri dan Jadi Langganan Juara, Loh. Turut Warnai Penutupan TMMD Desa Kepatihan Selogiri Juga

Tari Kucing
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tari Kucing

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Untuk lebih menyemarakkan upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2019 yang bertempat di Lapangan Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, warga Desa Kepatihan menampilkan kesenian Tari Kucing, Kamis (31/10/2019).

Adapun pencipta tari Kucing ini sendiri yakni Hartatik, yang keseharian menjadi Guru TK Pertiwi Singodutan II. Dia dibantu oleh Bekti Dwiyanti, sebagai pelatih.

Baca Juga :  Pemulasaraan Jenazah Positif COVID-19 yang Benar Dilatihkan Kepada Warga Desa Pijiharjo Manyaran Wonogiri

Hartatik mengungkapkan, tarian ini terinspirasi dari kelincahan kucing pada waktu bercengkerama dengan teman-temannya. Tari Kucing menggambarkan sekelompok kucing yang sedang asyik bermain di halaman, gerakan yang lincah dengan kuku yang tajam mencengkeram, tetapi tidak untuk melukai teman.

Hartatik menambahkan, tari Kucing ini juga memberikan pembelajaran tentang kerukunan, keceriaan dan kasih sayang kepada sesama. Untuk diketahui, tari Kucing ini juga sempat menjadi Juara I Tingkat Kabupaten Wonogiri dan juara II Tingkat Karisidenan Surakarta.

Baca Juga :  Satelit Alias Nangka Goreng Ternyata Dibikin Tesi di Warungnya, Dijamin Bikin Ketagihan

Sementara itu, Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, sangat mengapresiasi dengan diciptakannya tari Kucing. Tari Kucing tersebut untuk lebih menyemarakkan kegiatan upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III yang berada di Desa Kepatihan. Aria