JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

World Sight Day di SD Marsudirini, Upaya Mendeteksi Kesehatan Mata Sejak Dini

Suasana World Sight Day di SD Marsudirini / Joglosemarnews.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019, diselenggarakan kegiatan World Sight Day di SD Marsudirini Surakarta, Jumat (18/10/2019) pagi.

Acara yang digelar oleh Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) cabang Kota Surakarta tersebut berlangsung di aula sekolah setempat, dan diikuti oleh ratusan siswa.

Satu per satu dari para siswa tersebut diminta untuk mengeja huruf dari jarak tertentu dalam ukuran font yang bervariasi. Praktik ini persis seperti identifikasi awal kesehatan mata.

“Dengan cara seperti ini, akan diketahui  kondisi kesehatan mata para siswa itu seperti apa dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan oleh guru,” ujar Dr Enny Listiawati, salah satu panitia kegiatan kepada Joglosemarnews.

Enny mengatakan, kegiatan tersebut sebenarnya dihelat oleh Perdami Kota Surakarta yang didukung oleh Sejuta Kaca Mata untuk Indonesia.

Baca Juga :  Kuliah Umum Prodi Humas UPN “Veteran” Yogyakarta Hadirkan Eks Konsul Jenderal RI di Songkhla, Thailand

Dr Enny mengatakan, kebanyakan kelainan visus mata pada anak memang terdeteksi di sekolah. Karena itu, dengan cara pemeriksaan visus tersebut, guru-guru disadarkan akan perannya dalam mendeteksi kesehatan mata anak.

“Andai nanti dalam pemeriksaan ditemui kasus ketajaman mata yang kurang normal, maka akan dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut ke dokter,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Guru 2022, SMPN 8 Solo Bertabur Guru dan Siswa Berprestasi

Sebelumnya, jelas Dr Enny, telah dilakukan edukasi kepada para guru mengenai pentingnya mendeteksi visus pada anak. Kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode snellen chart.

Edukasi untuk peserta didik juga dilakukan, agar mereka mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Edukasi tersebut kemudian diikuti dengan pemeriksaan visus dengan metode snellen chart secara serentak.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com