JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bencana Angin Lesus Melanda Sidoharjo dan Kismantoro Wonogiri. Kios dan Lapak Hingga Tenda Wayang Kulit Rusak, Irigasi Jebol Pohonpun Tumbang

Tangkapan layar rekaman video lesus di Sidoharjo Wonogiri. Dok. Warga
Tangkapan layar rekaman video lesus di Sidoharjo Wonogiri. Dok. Warga

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bencana angin kencang alias lesus menyertai hujan deras melanda dua wilayah kecamatan di Wonogiri, yakni Sidoharjo dan Kismantoro, Jumat (8/11/2019).

Kendati tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, terdata sejumlah kerusakan terjadi di dua kecamatan itu. Total kerugian masih dalam tahap pendataan.

Informasi yang berhasil dihimpun, peristiwa terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Hujan cukup deras disertai angin kencang menyambangi dua wilayah itu.

Di wilayab Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Sidoharjo, tepatnya sekitar terminal non bus, sejumlah kerusakan terjadi.

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Di antaranya atap bangunan kios/ toko mengalami kerusakan, atap bangunan balai kelurahan mengalami kerusakan. Sementara 3 unit tenda dan gerobak PKL juga mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, saluran air irigasi Dusun Wates Desa Mojoreno jebol, 3 pohon tumbang mengenai jaringan listrik di lingkungan Bakalan Kulon dan 1 pohon tumbang di Keron Lor.

Lesus juga berdampak pada rusaknya papan nama gapura masuk kantor Kecamatan Sidoharjo dan saluran pembuangan air sekitarnya.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Sementara di papangan Desa Ngroto Kecamatan Kismantoro, tenda kajang yang akan dipergunakan untuk kegiatan pergelaran wayang kulit mengalami kerusakan. Upaya penanganan telah dilakukan oleh warga setempat dibantu aparat desa dan relawan.

“Kerugian material masih proses perhitungan. Upaya koordinasi dengan petugas PLN untuk pembenahan jaringan listrik yang tertimpa pohon selanjutnya untuk penanganan lanjutkan akan dilaksanakan besok pagi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto. Aria