JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Bupati Minta Masyarakat Karanganyar Tingkatkan Budaya Membaca Agar Bisa Sukses

Foto/Humas Polda
   
Foto/Humas Polda

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Karanganyar, Juliyatmono meminta agar masyarakat meningkatkan budaya membaca agar lebih dekat dengan sukses. Hal itu disampaikan saat membuka acara Festival Buku Karanganyar sekaligus meresmikan BI Corner di Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Karanganyar, Kamis (7/11/2019).

Menurut Bupati, dengan kegiatan ini turut menggelorakan kembali ketertarikan dan pentingnya membaca buku. Pemerintah memfasilitasi dengan melakukan penataan di Disarpus Karanganyar supaya tempat ini nyaman bagi masyarakat.

Ia juga berharap membaca buku menjadi tradisi masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

“Semakin banyak membaca, pintu sukses akan terbuka. Gunakan tempat ini untuk membaca, berdiskusi. Membaca sama dengan mengolah data, kalau data yang diperoleh semakin banyak, outputnya juga akan bagus. Menciptakan SDM unggul,” katanya.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Selain melakukan penataan dan penambahan fasilitas di Disarpus, Juliyatmono menyebut tidak menutup kemungkinan meletakan pojok baca di tempat pelayan publik.

“Misalnya di Disdukcapil, sambil menunggu bisa membaca buku,” ungkapnya.

Menururnya penting untuk mengenalkan perpustakaan yang sudah didesain senyaman mungkin dan representatif kepada masyarakat.

“Bagaimana membaca itu menjadi tradisi bagi masyarakat,”ujarnya.

Kepala Disarpus Karanganyar, Bambang Harsono mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka menyongsong Hari Jadi ke-102 Kabupaten Karanganyar. Mengambil tema mewujudkan Karanganyar Maju berintegritas dengan membaca buku, ia berharap dapat memotivasi gerakan gemar membaca dan mendekatkan masyarakat untuk mencintai buku.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jateng, Sapta Hermawati menegaskan, perpustakaan memiliki peran vital dalam meningkatan SDM.

Mengingat perpustakaan menjadi tempat pengumpulan sumber informasi, ilmu pengetahuan serta pusat kegiatan masyarakat setempat.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Perpustakaan yang hebat bukan hanya gedungnya yang megah tapi perpustakaan hebat itu bagaimana dapat mengubah cara pandang masyarakat untuk meningkatkan kualitas masyarakat,” ungkapnya.

Dalam peresmian BI Corner di Disarpus Karanganyar itu, turut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Bambang Pramono. Dijelaskannya, dengan BI Corner semoga dapat meningkatkan SDM unggul di Karanganyar.

“Kita ingin membantu pemerintah dalam meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di daerah-daerah,” jelasnya.

Di BI Corner itu disediakan rak buku, tv, komputer serta sofa. Selanjutnya terkait pengelolaan dan pemeliharaan akan diserahkan kepada Disarpus Karanganyar.

“Apa yang sudah kami berikan akan terus dievaluasi (pengelolaannya),” paparnya. Wardoyo

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com