JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jadikan Wakaf Sebagai Gaya Hidup, Rumah Zakat Gelar Gelombang Wakaf

Rumah Zakat menggelar kegiatan Gelombang Wakaf, dihadiri masyarakat umum dan donatur, Sabtu (9/11/2019), di Hotel Aston Solo. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rumah Zakat menggelar kegiatan Gelombang Wakaf, dihadiri masyarakat umum dan donatur, Sabtu (9/11/2019), di Hotel Aston Solo. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mendongkrak wakaf di masyarakat dan menjadikannya gaya hidup.

Menurut Chief Wakaf Officer Rumah Zakat, Soleh Hidayat, konsep kegiatan adalah memberikan edukasi terkait wakaf kepada masyarakat. Pasalnya, selama ini masyarakat masih menilai wakaf masih identik dengan tanah dan masjid.

“Padahal bukan itu saja. Kita mencoba memahamkan bahwa wakaf bukan hanya sekedar tanah. Wakaf ini sedekah, maka bisa juga dilakukan dengan memberikan uang. Wakaf merupakan sedekah jariyah maka bisa wakaf uang, perusahaan dan lainnya. Hari ini kita pahamkan bahwa wakaf tidak sekedar tanah sehingga bisa memaksimalkan potensinya yang begitu besar,” urainya.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

Soleh menambahkan, ketika wakaf dengan potensi tinggi mampu dimaksimalkan maka diyakini akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara luas.

“Wakaf sifatnya memindahkan kepemilikam harta kita menjadi milik Alloh SWT. Maka kita optimalkan itu. Wakaf akan kembali juga untuk masyarakat. Potensinya besar juga di Solo namun karena literasi masih rendah maka pemasukannya masih biasa di bawah infak,” tandasnya.

Baca Juga :  Nekat Demo di Tengah Pandemi, Saat Diminta Membubarkan Diri Oleh Polisi Puluhan Mahasiswa di Solo Malah Niat Melawan, Ada yang Bawa Cutter dan Palu

Soleh mengutarakan, Rumah Zakat tengah gencar mengajak masyarakat untuk menjadikan sedekah termasuk zakat, infak dan zakat untuk menjadikannya gaya hidup. Selain melalui media sosial, sosoalisasi juga gencar dilakukan secara offline termasik lewat roadshow tersebut.

“Kita selalu rutin membagikan informasi tentang wakaf secara online. Dan secara offline juga melalui roadshow. Di Kota Solo ini yang ke delapan dan akan kita lakukan 18 roadshow di seluruh provinsi di Indonesia yang akan selesai akhir tahun 2019,” tegas Soleh. Triawati PP