loading...
Loading...
AKP Dr. Dwi Krisyanto bersama keluarga. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Prestasi membanggakan ditorehkan Kapolsek Pracimantoro Polres Wonogiri. AKP Dwi Krisyanto, perwira pertama Polri itu meraih benar Doktor (Dr) ilmu hukum dengan predikat Cum Laude.

Keberhasilan itu terlihat ketika di depan Kantor Polsek Pracimantoro Polres Wonogiri, seminggu ini berubah semarak. Karena banyak karangan bunga dari berbagai tokoh, sebagai media penyampai ucapan selamat dan sukses, atas diraihnya gelar Doktor oleh Kapolsek Pracimantoro, AKP Dr. Dwi Krisyanto, S.H, M.M., M.H dari Fakultas Hukum (FH) Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang.

Di antara karangan bunga yang berjejer di halaman depan Mapolsek Pracimantoro, 40 kilometer arah barat daya Kota Wonogiri tersebut, ada yang datang dari Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Camat Pracimantoro Warsito beserta Forkompincam. Juga dari Paguyuban Kepala Desa, Kapten Cba Budi Waluyo, Joko Santoso, Dr. Junaidi, SM, MH, CLA, serta dari tokoh masyarakat lainnya yang tak bisa disebutkan semuanya.

Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, Selasa (12/11/2019), mengatakan, bisa dimaklumi saat banyak karangan bunga yang dikirimkan ke Mapolsek Pracimantoro. Sebab, secara akademis tidak mudah untuk meraih gelar doktor bepredikat cumlaude, terlebih lagi oleh seorang Kapolsek.

”Jujur saja, jumlah Kapolsek di Indonesia banyak, tapi Kapolsek yang meraih gelar doktor kiranya masih jarang dijumpai,” jelas Iwan Sumarsono.

Baca Juga :  Berita Online Wonogiri Terkini. Hebat, Total Aset Program Dana Bergulir BKAD Wonogiri Naik Drastis Dari 44 M Menjadi 127 M, Begini Penjelasannya

Sementara di Wonogiri ada 25 Kapolsek, dan yang satu-satunya meraih gelar doktor hanya AKP Dwi Krisyanto.

Dia lantas menuturkan biodata sang Kapolsek berprestasi itu. AKP Dr Dwi Krisyanto SH MM MH, lahir di Semarang 29 April 1977. Suami dari Dewi Sartini SPd ini, menjabat Kapolsek Pracimantoro sejak 21 Maret 2017. Sebagai mahasiswa Fakultas Hukum (FK) Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang, Dwi Krisyanto memiliki Nomor Induk Mahasiswa (NIM) 031017538.

Rektor Unisula Ir H Prabowo Setiyawan MT, PhD dan Dekan FH Unisula Prof Dr H Gunarto SH, SE, Akt, MHum, memberikan ijazah bergelar Doktor Ilmu Hukum kepada Dwi Krisyanto. Ini diberikan, setelah Kapolsek Pracimantoro tersebut, dinyatakan lulus dari Program Pendidikan (Prodi) S3 sebanyak 42 SKS, dengan mendapatkan IP 3,89 berpredikat dengan pujian (cumlaude).

Sebagai mahasiswa S3, Dwi Krisyanto, menyajikan disertasi tentang ”Rekonstruksi Kewenangan Dikresi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kepolisian Berbasis Keadilan dan Kemanfaatan (The Reconstrucsion of the Discretion Authority in the Implementation of Police Duties and Functions Based on Justice and Benefits)”.

AKP Dwi Krisyanto, memiliki riwayat pendidikan lulus SD Tahun 1990, SMP (1993), SMA (1996), S1 (2002), S2 Tahun 2004 dan Tahun 2019, serta S3 (2019). Kariernya di kepolisian diawali sejak lulus Secaba Polri Tahun 1998. Tahun 2011 menjadi penyidik Laka Lantas Polres Serpong, Tahun 2016 menjabat sebagai Kapolsek Lakatpuan. Kepangkatannya dimulai dari Bripda (1997), Briptu (2002), Brigadir (2006), Ipda (2009), Iptu (2013) dan AKP mulai 1 Januari 2016.

Baca Juga :  Waduh, Luas Lahan Pertanian di Wonogiri yang Diserang Ulat Grayak Capai 108 Hektare, Tersebar di 11 Kecamatan

Riwayat jabatannya, Tahun 2009 menjadi Pama di Polda Jateng dan kemudian berturut-turut menjabat sebagai Pama, Ka SPK III dan Kasubagren Bagmin di Polres Blora. Tahun 2010-2014 menjadi perwira di Polres Grobogan dan pernah menjabat sebagai Kasi Propam, Kaurmintu Satlantas, Kanit Dikyasa, Kaur Bin Ops Satlantas serta Kanit Sabhara.

Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 10 Maret 2014, menjadi Kasiwas Polres Wonogiri, kemudian Tahun 2015 menjabat sebagai Kapolsek Paranggupito, dan sejak TMT 21 Maret 2017 sampai sekarang menjabat sebagai Kapolsek Pracimantoro dan kemungkinan tak lama lagi bakal menjabat menjadi Kapolsek Wonogiri Kota. Aria

Loading...