JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Nasib Operasional KA Kalijaga Tergantung Pemerintah

Ilustrasi rel kereta api. pexels.com

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nasib operasiona Kereta Api (KA) Kalijaga menunggu keputusan dari pemerintah. Sampai saat ini, PT KAI masih enggan memastikan nasib Operasional KA relasi Solo-Semarang tersebut meskipun jadwal KA Kalijaga telah “hilang” dari jadwal KA secara umum.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi VI, Eko Budiyanto menyebutkan, pihaknya belum bisa memastikan terkait wacana berhentinya operasional KA Kalijaga tersebut.

Baca Juga :  KEREN! Mahasiswa UNS Raih Juara 1 di Ajang IKAB National Scientific Writing and Youth Competition

“KA Kalijaga merupakan kereta PSO (public service obligation) atau penugasan dari pemerintah. Maka kalau PSO kan artinya manut pemerintah. Ada kontraknya sendiri, kalau memang diperpanjang ya akan diperbarui kontraknya,” urainya, Sabtu (23/11/2019).

Baca Juga :  Hadirkan Paslon Gibran-Teguh dan Bagyo- Suparjo, Tokoh Lintas Agama di Solo Deklarasikan Pilkada Damai dan Sehat. Bawaslu Ingatkan Paslon dan Tim Sukses Kedepankan Protokol Kesehatan!

Seperti diketahui, jadwal KA Kalijaga sudah tidak ter”lihat” lagi di Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019, per 1 Desember 2019. Dengan demikian, satu-satunya kereta api yang melayani rute Solo-Semarang yaitu KA Joglosemarkerto.

“KA Joglosemarketo akan melintasi jalur selatan dengan rute Solo-Yogyakarta-Purwokerto-Semarang,” tukas Eko. Triawati PP