JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Seniman Hingga Penulis Bakal Punya HKI yang Bisa Dijadikan Jaminan Modal

surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat jumpa media di Oeang Coffee Roastery, Jakarta Selatan (5/11/2019) / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Para insan kreatif, mulai dari seniman hingga penulis, bakal memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI), yang dapat dijadikan jaminan untuk meminjam permodalan di bank.

Hal itu kini tengah digagas dan disiapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama.

Dia  mengatakan bahwa kementeriannya saat ini sedang menyiapkan skema permodalan baru bagi para insan kreatif.

Harapannya, seniman, pemusik atau penulis yang memiliki sertifikat hak kekayaan intelektual (HKI) bisa mengagunkan surat tersebut kepada perbankan untuk mendapatkan dana guna mengembangkan karyanya menjadi lebih produktif.

“Kami harap sertifikasi HKI bisa jadi jaminan. Para insan kreatif yang memiliki sertifikat tersebut itu bisa jadi jaminan untuk modal memulai usahanya,” kata Wishnutama saat diskusi dengan pewarta di M Bloc Space, Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga :  Tinggi, Potensi Penularan Covid-19 di KRL, Ini Solusinya

Mantan Bos Net Tv tersebut juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pihak perbankan demi merealisasikan program tersebut.

Menurut dia, jika hal ini bisa terwujud maka akan sangat memberikan manfaat bagi para insan kreatif dalam mendapatkan permodalan.

“Banyak yang harus saya bicarakan,” ucapnya.

Wishnutama mengatakan, ketika dirinya mencoba mengkomunikasikan rencana ini kepada beberapa bank yang ada di Indonesia, banyak yang merespons positif.

Baca Juga :  Viral Video Oknum Karyawan Intip Payudara Pengunjung Starbucks Pakai CCTV Berbuntut Panjang, Satu Orang Resmi Jadi Tersangka

Maka ia mengajak perbankan untuk membuat pilot project agar bisa membuktikan bahwa hal ini efektif untuk diwujudkan ke depannya.

“Beberapa bank mau,” tambahnya.

Dia menjelaskan, semua serifikat HKI harus mempunyai nilai finansial, sehingga nantinya bisa dijadikan jaminan kepada perbankan.

“Misalkan  ada musisi atau penulis, akhirnya mendapatkan sertifikat HKI, nah serifikat tersebut ketika dinilai oleh institusi finansial. Ada value, sehingga bisa dijadikan jaminan pinjaman modal bisa untuk berusaha, kurang lebih begitu,” jelas Wishnutama yang akrab disapa Tama.

www.tempo.co