JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Viral Foto Toko Tak Menjual Apa-apa di Kaliangkrik Magelang, Ternyata Misinya si Pembuat Ingin Bertemu Sule

Spanduk Toko Jaya Abadi. Sudah dijelaskan mereka tidak menjual apa-apa dan tetap buka selama tujuh hari. Instagram @anam_chenel via Tribunjogja
   
Spanduk Toko Jaya Abadi. Sudah dijelaskan mereka tidak menjual apa-apa dan tetap buka selama tujuh hari. Instagram @anam_chenel via Tribunjogja

JOGLOSEMARNEWS.COM – Foto sebuah toko di Magelang, Jawa tengah viral di media sosial. Foto tersebut memuat sebuat toko yang didepannya terpampang sebuah poster yang bertuliskan bahwa tak ada satupun barang dagangan.

Sebenernya foto setingan atau benar-benar nyata?

Tribunjogja.com yang melakukan penelusuran berhasil mengungkap siapa sosok dibalik foto viral.

Foto-foto unik karya dari pemuda asal Kaliangkrik, Magelang, Khoirul Anam (26) sukses bikin heboh jagat dunia maya.

Karyanya yang ‘nyeleneh’ dan unik, tak terpikir sebelumnya, seperti ‘Jasa Melupakan Mantan’, ‘Jual Ketombe Kiloan’, dan terakhir ‘Toko yang Tak Menjual Apa-apa’, membuat dirinya viral dan terkenal.

Di balik semua itu, ternyata mimpi Anam hanya satu, berfoto bersama dengan idolanya, komedian terkenal, Entis Sutisna Alias ‘Sule’.

Khoirul Anam (26), pemuda asal Dusun Baturan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, adalah orang dibalik foto-foto nyeleneh yang viral di dunia maya tersebut.

Setelah selesai belajar di salah satu pondok pesantren dan bekerja selama enam tahun di Jogja, ia kembali ke Magelang dan bekerja sebagai buruh di kediamannya.

Viral toko di Magelang tapi tak jual apa-apa (Tribun Jogja/Rendika Ferri)

Di situ ia memiliki banyak waktu luang, dan iseng-iseng saja ingin membuat foto-foto unik nan nyeleneh.

Foto pertamanya adalah foto menggunakan tongkat selfie (tongsis) setinggi 20 meter. Ia menggunakan bambu sepanjang 20 meter.

Di ujung tongkat, ia memasang kamera handphone.

Tiang bambu dari jemuran itu ia angkat bersama satu rekannya, untuk memotret menggunakan kamera yang ada di handphone.

Sekilas, hasil fotonya seperti foto dari pesawat drone, tetapi ternyata cuma beralatkan tiang bambu jemuran saja.

“Pertama kali itu saya bikin, tongsis yang panjangnya 20 meter itu. Itu viral sampai masuk di televisi juga itu. Tongsis 20 meter, saya pakai bambu bekas jemur pakaian, saya sambung dengan tongsis, terus saya pasang handphne dan selfie dengan handphone yang ada di atas sana. Biar keliatan seperti foto dari drone. Padahal itu cuma dari tongsis dari bambu saja,” ujar Anam, sambil tertawa.

Berawal dari situ, Anam pun membikin karya-karya foto yang nyeleneh lainnya. Kadang, Anam mencari inspirasi saat ia sedang berada di kamar mandi.

Selintas ada ide yang menarik, ia langsung eksekusi.

Seperti foto yang dibuatnya dan pernah viral, yakni Jasa Melupakan Mantan. ‘Cukup Bawa Foto Mantan, Anda Bisa Move On Seumur Hidup. Buka Senin-Minggu, Menggunakan Media Terapi WA’, begitu tulisan di spanduk yang dipasang di depan tempat yang seolah-olah kantor jasanya.

Anam menceritakan saat itu ia sulit melupakan mantannya dan tidak bisa move-on.

Ia pun membuat spanduk itu, lengkap dengan tulisan jasa melupakan mantan, dan memasangnya di depan tempat yang seolah-olah kantor jasa melupakan mantan.

Niatnya pun hanya iseng saja, dan untuk menyindir mantannya dulu meninggalkan Anam untuk menikah dengan orang lain.

“Salah satu yang unik itu Jasa Melupakan Mantan. Saya itu dulu gak bisa move on. Saya bikin itu buat sindiran buat mantan saja aslinya. Ceritanya dulu saya punya mantan, tetapi ditinggal nikah sama dia. Saya tidak bisa melupakan terus buka jasa melupakan mantan saja. Biar tersindir,” katanya.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian di Alfamart Semarang Masih Buron Polisi

Kemudian ada juga foto dimana dirinya seolah berpacaran, menikah dan bahkan punya anak dengan sebuah Manequin yang dinamainya Siska.

Sempat dikatakan aneh, tetapi lama kelamaan warganet justru merasa terhibur. Bak sinetron atau FTV, ada episode-episode baru dan cerita baru dalam setiap foto yang diunggahnya secara berkala di instagram.

“Foto saya sama Siska ini juga banyak yang nge-like. Nikah sama Manequin ini iseng juga. Waktu itu saya duduk-duduk dan melihat ada manekuin. Kepikiran, eh kalau difoto buat nikah asyik. Terus nikah, dan ada kelanjutannya episode. Saya sambil mencari ide yang lain, saya mengunggah foto bersama Siska, istri manekuin saya. Ada kelanjutannya terus, sampai tua, dan, punya anak,” ujar Anam sambil terkekeh.

Lalu ada juga yang terbaru, karya foto yang menceritakan sebuah toko yang dibuka, tetapi toko tersebut tidak menjual apa-apa.

Toko tersebut sebetulnya ruko milik tetangganya yang kosong karena belum dikontrak. Kemudian oleh Anam, dipasangi spanduk bertuliskan ‘Toko Jaya Abadi: Maaf Toko Ini Tidak Menjual Apa-apa.

Buka Senin-Minggu, pukul 08.00-18.00. Alamat Baturan Ngawonggo Kaliangkrik Magelang’.

“Saya lihat toko baru tetangga saya, kepikiran buat foto. Saya lihat tokonya saat itu gak ada apa-apa. Kalau dibuat toko tidak menjual apa-apa, kayak bisa menarik, terus saya bikin spanduk itu. Warung tetanngga itu sebenarnya, gak ada apa-apanya karena ruko belum dikontrak. Setelah viral banyak yang kesana, spanduknya saya lepas sementara. Kalau ada foto, baru saya pasang,” kata Anam.

Banyak lagi foto-foto ‘nyeleneh’ karya Anam yang viral, seperti Jualan Ketombe Kiloan.

Kemudian, awal-awal ia membuat karya foto itu ia memindahkan televisi, kasur, perabotan rumah ke kebun, dan bersantai di sana, untuk sekedar difoto.

Tingkah nyeleneh darinya, ia unggah di media sosial seperti Instagram ataupun Facebook dan mendapat tanggapan yang besar dari masyarakat pengguna internet.

“Pendapat warga dan netizen, mereka suka karena unik dan nyeleneh, apalagi kalau yang boneka, ada fans tersendiri yang nikah sama boneka itu. Warga juga banyak datang ke lokasi kayak jasa melupakan mantan, sebagai spot foto,” katanya.

Saking terkenalnya, sampai-sampai Anam sendiri dijuluki Seniman Foto Nyeleneh. Nyeleneh ini artinya unik, aneh dan berbeda dari umumnya.

Sebagai seniman foto nyeleneh, Anam merasa tidak mencari uang dari karya-karya nyelenehnya. Tujuan Anam memang murni untuk berkarya atau berkreasi saja.

“Inspirasi dari saya semua kalau ide-ide di foto itu. Semua diunggah di Facebook atau Instagram. Di media instagram, baru aktif semingguan ini. Tapi awalnya di facebook. Di sana viral, akhirnya merambah ke instagram. Berapa lama buat konsepnya, ya kadang spontan. Di kamar mandi, sambil mikir-mikir, kepikiran, langsung tak bikin spanduk. Kepikiran hal-hal yang unik nyeleneh dan menarik,” katanya.

Baca Juga :  Supra 125 Digasak Megapro Patah Jadi 2, Pengendara Tewas di Lokasi

Di balik semua foto nyeleneh yang dibikinnya, Anam tak bermaksud mencari sensasi, perhatian, ataupun mendapatkan keuntungan dari sana.

Tujuan Anam sendiri hanya satu. Ia ingin sekali berfoto bersama dengan salah satu komedian terkenal di tanah air, Sule.

“Tujuan utama sama seperti kemarin-kemarin, cuma pengen foto sama sule. Itu aja. Dari dulu, mimpinya cuma foto dengan mas sule. Kemarin sempat dihubungi dari salah satu stasiun televisi, tetapi belum ada kabar lagi, tapi mungkin kurang unik atau nyeleneh, tetapi saya akan tetap lanjutkan, karena mimpi saya bisa ketemu sama Sule dan foto bersama dengan Mas Sule,” tutur Anam.

Dulu saat awal-awal ia membikin foto nyeleneh ini, paling-paling foto Anam hanya dilike 20 orang. Pengikut saat itu pun hanya sekitar 1.000 saja.

Saat ini jumlah pengikut instagram Anam melalui akun @anam_chenel ini sudah mencapai 11 ribu pengikut. Di Facebook, ada 6.000 pengikut.

Sekali foto, jumlah like yang didapat bisa mencapai ribuan. Anam pun pernah diundang stasiun Televisi atas karya foto yang dibuatnya.

“Instagram sedikit. Facebook sudah 100 foto lebih. Instagram baru 20 foto. Pengikutnya 11 ribu. Baru seminggu ini saya aktifkan lagi, dan dengan foto baru ini viral sekali. Saya juga sudah diundang ke televisi juga,” ujarnya.

Pria yang masih single itu sebelum populer seperti sekarang pernah mondok di Pondok Pesantren di Jogja. Ia lulus tahun 2012, dan selama enam tahun bekerja di sana.

Pekerjaannya bermacam-macam, mulai dari cleaning service, tukang parkir, karyawan toko buah. Sampai ia kembali ke Magelang pada tahun 2018 lalu dan bekerja sebagai buruh di tempat penggilingan jagung.

“Saya masih single. Dulu pernah mondok di pesantren di Yogyakarta, lulus tahun 2012, terus bekerja di jogja, jadi cleaning service. Balik ke rumah di Magelang, saya kerja di gilingan. Eh banyak waktu luang, iseng-iseng saja bikin foto nyeleneh. Awalnya pun ada perasaan malu dan dijelekkan, tetapi sekarang kan semua sudah paham. Foto nyeleneh ini hanya untuk hiburan,” ujarnya.

Dikatakan oleh Anam, dirinya pun masih akan membuat konten lain yang serupa dan tentunya dengan gaya khasnya yang ‘nyeleneh’. Katanya, ia tidak akan berhenti sampai bisa ketemu dan berfoto bersama dengan Sule, idolanya.

“Foto-foto konsep baru siap meluncur minggu ini. Ke depan, sampai ketemu sule, sampai bisa ketemu berfoto bareng sule. Itu aja cukup cita-citanya. Gausah jadi bintang tamu atau apa, foto bareng aja,” pungkas Anam.

www.tribunnews.com

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Viral Foto Toko Tanpa Dagangan di Magelang, Fakta Sebenarnya Terungkap, Ada Misi Tersembunyi, Artikel Asli

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com