JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Ganjar Buka Kejurnas Silat Perisai Diri Pelajar Sultan Hamengku Buwono X Cup V Tahun 2019

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kejurnas Silat Perisai Diri Pelajar Sultan Hamengku Buwono X Cup V tahun 2019 secara resmi dibuka Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Rabu (18/12/2019) malam, di GOR Sritex Arena.

Ganjar membuka kejurnas secara simbolis dengan melepas keris dari sarungnya di hadapan ribuan pesilat dari 400 sekolah di Indonesia.

Ganjar menunjukkan kebanggaannya terhadap seni bela diri asli Indonesia tersebut.

“Saya bangga dengan prestasi silat kita. Seperti yang diraih pada Asian Games 2018 dimana para pesilat Indonesia mampu mendulang banyak medali dan jauh melebihi target,” paparnya.

Sementara itu, dari seluruh peserta kejurnas, yang paling jauh berasal dari Timur Leste. Para atlit tersebut akan bertarung sampai tanggal 22 Desember 2019.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

“Dengan olahraga pencak silat juga dapat mempersatukan bangsa. Kami hanya berpesan agar ivent kejurnas dapat dimanfaatkan untuk berkompetisi untuk meraih prestasi. Dan saya semakin optimis dengan banyaknya ivent maka perjalanan menuju ke Olimpiade sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan akan menjadi kenyataan,” ujar Ganjar.

Sementara itu Wakil Ketua PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Muhammad Taufik menambahkan, Perisai Diri mengambil turut mengambil andil dalam mengembangkan pencak silat di dalam dan luar negeri.

Baca Juga :  Wali Kota Rudy Nilai Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Efektif, Sanksi Bersihkan Sungai Dilanjutkan

“Hingga saat ini sudah banyak Negara yang membuka cabang perguruan perisai diri seperti di Jepang, Amerika dan beberapa negara Eropa. Maka harapannya pencak silat dapat menjadi cabang olahraga resmi di Olimpiade,” terangnya.

Ketua Panitia Kejurnas Heru Tetuko menjelaskan, peserta Kejurnas terdiri dari 302 pesilat tingkat usia dini (SD), 461 pesilat tingkat pra remaja (SMP) dan 608 pesilat tingkat remaja (SMA).

“Kejurnas silat perisai diri mempertandingkan beberapa nomor seperti Versi IPSI Tunggal dan Tanding, Solo Spell, Serang Hindar, Kerapian Teknik Tangan Kosong dan Senjata, serta Berpasangan Tangan Kosong,” tukasnya. Triawati PP