JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Kapolda Jateng Siapkan Penembak Jitu Di Gereja Prioritas 1 Kota Solo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Cek kesiapan sistem pengamanan Natal dan Tahun Baru di Kota Solo, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ryco Amelza Dahniel menyiapkan penembak jitu di beberapa gereja di Kota Solo dengan kategori prioritas satu.

Kapolda menandaskan, penembak jitu akan melakukan tindakan tegas terukur jika mendeteksi oknum ataupun pelaku yang dinilai mengganggu kenyamanan ibadah warga Kota Solo. Selain itu, penembak jitu juga akan ditempatkan di area Car Free Night (CFN) untuk menjaga keamanan.

“Bersama Pangdam IV / Diponegoro, kami selesai melaksanakan pengecekan dan menerima paparan kesiapan Polresta Solo dalam melaksanakan pengamanan sekaligus pelayanan masyarakat pada Hari Natal 2019 dan kesiapan malam Tahun Baru 2020. Persiapan yang dilakukan Polresta Solo telah maksimal. Dan kami sudah memberikan beberapa penekanan,” ujarnya di sela pengecekan, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga :  Gibran Dapat Undian Nomor 1, Bagyo Nomor 2

Kapolda menambahkan, Polresta Solo telah siap memberikan pengamanan maksimal pada warganya yang akan melaksanakan Ibadah Misa Natal.

“Beberapa hal yang saya perhatikan adalah untuk kekuatan personil yang didukung TNI sudah cukup. Dari elemen masyarakat termasuk dari instansi terkait juga sudah memberikan masukan. Termasuk terhadap pengamanan gereja dengan prioritas. Sebanyak 171 gereja yang ada di Kota Solo terdiri dari enam gereja priorotas satu, 22 gereja priorotas dua dan 133 gereja prioritas tiga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

Menurut Kapolda, pihaknya menyiapkan penembak jitu di beberapa gereja prioritas untuk melakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku kriminal yang akan mencoba mengganggu kegiatan keagamaan di Solo.

“Termasuk juga kami menyiapkan penembak jitu di area car free night (CFN). Selain itu, seluruh wilayah CFN juga dicover kamera pengawas yang dikendalikan Polresta Solo,” pungkasnya.

Di sisi lain, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Muhammad Effendi menambahkan, pihaknya siap memback up Polda Jateng untuk pengamanan baik pada malam Natal maupun Tahun Baru.

“Kami siap memback up dan menyiapkan pasukan sekitar dua batalyon atau sesuai yang dibutuhkan oleh Polresta Solo,” terangnya. Triawati PP