JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Rahasianya Terungkap, Begini Teknik yang Dipakai Polisi Untuk Sterilkan Gereja Saat Natal

Ilustrasi sterilisasi gereja. Foto/Istimewa

Sterilisasi gereja
Sterilisasi gereja oleh Sabhara Polres Sukoharjo. Dok. Humas Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kepolisian ternyata menggunakan teknik tertentu dalam proses sterilisasi di gereja yang ada di Sukoharjo saat Natal.

Teknik tersebut hanya dilakukan personil yang terlatih. Menggunakan pula hewan anjing yang juga mahir diterjunkan ke lapangan.

Kasatsabhara Polres Sukoharjo AKP Thourahman menjelaskan, sterilisasi dilakukan menggunakan tiga teknik. Yaitu dengan menggunakan metal detektor untuk mendeteksi logam.

Baca Juga :  Menko PMK : Sudah Setahun Kita Dikerjai Covid-19. Semua Masih Coba-coba Menaklukkannya

Selanjutnya menggunakan anjing pelacak kepolisian untuk mendeteksi benda-benda yang mencurigakan yang ada di bagian luar gereja. Teknik terakhir adalah visual atau pengamatan yang dilakukan dengan indra penglihatan.

“Khusus teknik visual ini anggota sudah dilatih oleh Gegana Polda Jateng,” jelas dia, Selasa (24/12/2019).

Dalam proses sterilisasi ini Polres Sukoharjo membagi dua tim. Tim pertama memeriksa gereja di Solo Baru, seperti Gereja Kristus Raja. Tim kedua memeriksa gereja di Sukoharjo Kota, seperti Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sukoharjo dan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Sukoharjo.

Baca Juga :  Jumlah Kasus COVID-19 Sukoharjo Sudah Tembus 4.500, Pasien Meninggal Mencapai 314 Orang Sedangkan Kasus Aktif Masih 353 Berikut ini Sebarannya per Kecamatan

Selain itu, personil keamanan juga akan disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di setiap Gereja dan di titik-titik rawan. Aria/Humas Polres Sukoharjo