JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rakernas PAN Ricuh, Pengamat: Sikap Amien Rais Sering Rugikan Partai

tribunnews

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Rapat kerja nasional (Rakernas) menjelang kongres Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar di Jakarta, sempat diwarnai kericuhan.

Kericuhan terjadi saat  pengurus DPP dan DPW PAN saling menginterupsi ketika pembacaan tata tertib sebelum Rakernas ditutup.

Namun, kericuhan itu tidak berlangsung lama karena ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menenangkan peserta.

Zulkifli Hasan memang digadang-gadang akan maju dalam bursa ketua umum PAN periode 2020-2025.

Baca Juga :  Bahas Cara Dunia Hadapi Berbagai Krisis, Pekan Depan, Jokowi Hadiri KTT G20

Terkait hal tersebut, analis politik UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno memberikan komentarnya. Menurut dia, PAN sangat bergantung pada Amien Rais yang merupakan Dewan kehormatan PAN.

“Karena memang sejak awal PAN ini tidak lepas dari institusional Pak Amien Rais sebagai pendiri, mantan ketua umum yang memang sejak awal membesarkan PAN,” terangnya.

Namun, menurut Adi sikap politik Amien Rais sering kali menyulitkan PAN.

Baca Juga :  Airlangga: 2024 Partai Golkar Harus Menang

“Tapi pada saat yang bersamaan dalam perkembangannya ketika PAN berdiaspora menjadi partai yang cukup terbuka menjadi partai inklusif dan modern sikap-sikap politik pak Amien Rais sering kali manuvernya itu membuat PAN agak kesulitan,” ujar Adi.

Adi menuturkan, seharusnya pemilihan legislatif 2019 lalu menjadi catatan penting untuk PAN.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua