JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sebelum Tewas Lahirkan Bayi, Ternyata Sumi Sempat Minta Ini ke Suami Lalu Mandi…

Ilustrasi mayat
Ilustrasi mayat

KARANGANYAR,JOGLOSEMARNEWS.COM Insiden tragis terjadi di Gondangrejo, Karanganyar. Seorang ibu bernama Sumiyatun (44), ditemukan tak bernyawa di kamar kosnya usai melahirkan, Rabu (18/12/2019).

Wanita asal Sampangan RT 03 / 02 , Kedungrejo Muncar, Banyuwangi, Jatim itu ditemukan meninggal dunia di kamar kos millik Ahmad Yani (46) yang berada di Dukuh Banjarejo RT 05/01, Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo.

Ironisnya, korban melahirkan tanpa bantuan petugas medis. Ia melakukan persalinan hanya didampingi suaminya.

Beruntung, bayi berjenis kelamin perempuan yang dilahirkan dalam kondisi selamat. Insiden itu terjadi Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 06.30 WIB.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM , kasus kematian ibu melahirkan itu terungkap setelah Polsek menerima laporan dari Puskesmas setempat perihal kondisi korban yang meninggal di kamar kosnya.

Baca Juga :  Curhat Pilu Keluarga Korban Meninggal Positif Covid-19 Asal Perum Ngringo Karanganyar. Beban Moral Hadapi Stigma Warga Saat Isolasi Mandiri, Baru Lega Setelah Hasil Swab Negatif

Dari laporan itu, Polsek langsung menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan. Di lokasi kamar kos korban, diketahui pada saat proses persalinan, Sumiyatun hanya didampingi oleh suaminya yang bernama Sutarto (45) warga Sedayu RT 04/RW 02, Kecamatan Tulung, Klaten.

Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, melalui Kapolsek Gondangrejo, AKP Riyanto menyatakan, Sumiyatun diketahui meninggal dunia, setelah sebelumnya menerima laporan dari salah satu pegawai Puskesmas.

“Sekitar pukul 00.00 WIB dinihari, Sumiyatun mengeluh mengalami sakit perut. Berselang dua jam kemudian, atau sekitar pukul 02.30 WIB, Sumiyatun melahirkan anak,” paparnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Produk UMKM Mulai Tembus Pasar Internasional, Pemkab Karanganyar Raih 2 Penghargaan Nasional dari Kemenkop dan Mark Plus. Ini Kategorinya!

Setelah proses persalinan, Sumiyatun merasa lapar dan meminta suaminya untuk mengambil makanan, sebelum akhirnya Sumiyatun mandi.

Setelah mandi, Sumiyatun mengeluh sakit dan meminta suaminya untuk memanggil petugas Puskesmas. Namun naas, saat petugas tiba di kamar kos, Sumyatun sudah meninggal dunia.

“Kami masih mendalami kasus meninggalnya Sumiyatun ini dengan meminta keterangan suaminya. Belum diketahui secara pasti penyebab meninggalnya korban. Namun dugaan sementara, akibat terjadinya pendarahan usai melahirkan,” jelas Kapolsek.

Saat ini kasus tersebut masih dalam pendalaman dan penyelidikan polisi. Sementara si bayi masih dirawat di Puskesmas Gondangrejo. Wardoyo