JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Sikap Bela Negara Penting Bagi Mahasiswa

WAWASAN KEBANGSAAN - Seminar wawasan kebangsaan dan bela negara di Unisri Surakarta / Dok Humas Unisri Surakarta

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Memperingati Hari Bela Negara yang jatuh tanggal 19 Desember, Universitas Slamet Riyadi Surakarta menggelar seminar Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara di kampus setempat.

Seminar yang diikuti sekitar 130 mahasiswa dari berbagai UKM dan Ormawa dari perguruan tinggi swasta tersebut menghadirkan dua perwira TNI dari Kodim Surakarta dan Korem Warastratama Surakarta sebagai pembicara.

Menurut Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Unisri, Dr Sutoyo, seminar itu merupakan implementasi dari lima layanan universitas bagi mahasiswa.

Baca Juga :  Calon Walikota Solo Gibran Rakabuming Sambut Antusias Piala Dunia U-20 di Solo, Bertekad Promosikan Sport Tourism

Yakni, penalaran dan kreativitas, minat bakat dan kegemaran, kesejahteraan dan kewirausahaan, penyelarasan dunia kerja, dan pembangunan mental kebangsaan.

“Pendidikan bela bangsa dan wawasan kebangsaan adalah bagian dari pembangunan mental kebangsaan,” ujar Dr Sutoyo, sebagaimana dikutip dalam rilis ke Joglosemarnews.

Mahasiswa yang mengikuti seminar, demikian Sutoyo, diharapkan mempunyai pemahaman dan sikap bela negara dan wawasan kebangsaan.

Karena peserta seminar adalah para aktivis, pihaknya berharap setelah mengikuti seminar, mereka kemudian menularkan pada mahasiswa lainnya.

Baca Juga :  Pemilik Kucing di Colomadu Yang Ditembak Mati Tetangganya, Resmi Lapor Polisi. Anisa Didampingi 5 Lawyer Solo

“Sikap bela negara akan menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk terjun ke masyarakat setelah lulus nanti,” kata dia.

Lebih lanjut Sutoyo mengatakan, mahasiswa harus mengetahui persoalan yang dihadapi bangsanya. Setelah tahu, bagaimana mahasiswa menghadapi dan menyikapi msalah itu kemudian berkontribusi untuk memberikan solusi.

Hal itu tidak jauh dengan prinsip-prinsip bela negara. Yakni, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945, dan sikap rela berkorban. suhamdani