JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

SOLOPEDULI Terima Kunjungan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI

SOLOPEDULI Terima Kunjungan Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamis (26/12/2019)
   

SOLO, JOGLOSEMRNEWS.COM — Agenda pendampingan audit kepatuhan syariah dari Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Kasi Audit Syariah Subdit Akreditasi dan Audit Lembaga Zakat, Dewi Tri dan staf pelaksana, Rifa’atul Mahmudah, Kamis (26/12/2019), di Kantor SOLOPEDULI. Pendampingan ini untuk melihat kinerja SOLOPEDULI sebagai Lembaga Amil Zakat resmi tingkat provinsi dalam menuju persiapan pelaksanaan audit kepatuhan syariah tahun 2020.

Secara umum pendampingan meliputi kegiatan operasional, aturan kebijakan, tata kerja, pengumpulan dan pendistribusian dana zakat infak sedekah, serta pengelolaan keuangan dan manajemen secara keseluruhan.

Dimana kepatuhan syariah dalam mengelola zakat berasaskan dan harus berpedoman pada prinsip-prinsip syariah. Yang tercantum pokoknya di Al Quran dan Hadis, serta dikembangkan dalam rumusan fikih yang mencangkup fikih zakat modern.

Baca Juga :  Sedang Merebak, Seorang Warga Kadipiro Solo Meninggal karena Leptospirosis

”Penghimpunan SOLOPEDULI sudah bagus yang terlihat dari pertumbuhan penghimpunan 20 % setiap tahunnya, pengarsipan sudah bagus, kantor juga sudah tertata rapi. Untuk administrasi perlu perhatian lebih. Administrasi adalah masalah yang utama karena menyangkut semua elemen. kalau keuangan, surat menyurat sudah bagus maka yang lainnya bakal mengikuti. Untuk pengarsipan sudah bagus, kantor juga sudah rapi,” jelas Rifa’atul Mahmudah.

”Masukan untuk SOLOPEDULI terutama pada sistem aplikasi yang lebih ter up to date dan terinovasi. Program pemberdayaan jg sudah bagus, seperti Pesantren, pemberian modal usaha untuk keterampilan kerajinan tangan, makanan dll.

Baca Juga :  Tol Solo-Yogyakarta Dibuka Fungsional Sepanjang 22 KM Saat Mudik Lebaran 2024

Untuk SMK SOLOPEDULI mungkin perlu ditambah prodi baru, seperti bengkel dengan melihat tingginya pengguna kendaraan di Indonesia. Mesin jahit juga bisa agar siswa-siswi bisa lebih berkreasi membuat baju daerah, bisa juga untuk baju wedding,” imbuh Rifa’atul Mahmudah.

”Dengan adanya audit syariah dan dalam rangka akreditasi, menurut saya justru menjadi semakin bersemangat, karena lembaga akan terus berbenah menjadi yang terbaik. Karena kita mengelola dana ummat, dibesarkan oleh ummat, dan teraudit oleh ummat salah satunya dari Kemenag. Semoga Allah berikan yang terbaik bagi SOLOPEDULI dan semakin profesional serta amanah,” jelas Direktur Utama SOLOPEDULI, Sidik Anshori. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com