JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UMS Jadi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Tahun 2019 Versi 4icu

Koreografi dari sekitar 8.000 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di lapangan Kampus 2, Selasa (14/8/2018).

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia 2019 versi 4icu. Prestasi tersebut dirilis lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional yaitu 4icu.org atau UniRank merilis “Top 200 Universities In Asia 2019 Asian University Ranking”.

Sesuai peringkat yang dirilis4icu.org, UMS menempati posisi nomor 157 terbaik dari 200 Peguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Asia. Posisi ini membuat UMS disebut sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. Pasalnya, dari 15 perguruan tinggi (PT) asal Indonesia yang masuk 200 rangking Asia, UMS jadi satu-satunya PTS yang ada di dalamnya, berada di urutan nomor 12.

“UniRank mencari 200 perguruan tinggi terbaik di Asia. Dan UMS masuk di dalamnya bersama perguruan tinggi negeri berpengaruh di Indonesia. UMS menjadi PTS terbaik di Indonesia. Tapi kalau disandingkan dengan perguruan tinggi dari Indonesia, UMS nomor 12, yang urutan pertama UGM,” ujar Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif, M.Si, dalam rilis, Selasa (3/12/2019).

Baca Juga :  Rumah Makan MakanKu Usung Menu yang Cocock Kondisi Pandemi Covid-19. Dapat Pujian dari Kapolda Maupun Gubernur Jateng

Penerapan kriteria penilaian dari 4icu.org  di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Kedua, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral. Penilaian lainnya berdasarkan Perguruan Tinggi yang menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

Baca Juga :  Turunan Sumpah Pemuda Mojosongo Solo Jadi Jalur Maut, Begini Imbauan Kasatlantas Agar Kejadian Tak Terulang

4icu.org sendiri merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara. Melihat perolehan prestasi ini, Sofyan Anif menyebut bahwa prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti bahwa perguruan tinggi ini benar-benar dikelola dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi itu juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS.

Selain itu, Rektor UMS juga menambahkan, jika melihat penilaian versi Ristekdikti untuk kategori Perguruan Tinggi swasta pada indikator kinerja penelitian, UMS ditetapkan sebagai PTS terbaik ke 2 di bawah Universitas Islam Indonesia (UII). Triawati PP