JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Wouw, Pantai Pesisir Barat Ini Menyala Biru Saat Malam!

Tribunnews

LAMPUNG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fenomena alam yang terjadi di pantai Kabupatwn Pesisir Barat (Pesibar) membuat warga setempat heboh dalam benerapa hari ini.

Sepanjang pinggir pantai terjadi pembiasan sinar berwarna biru yang menyala terang saat malam hari.

Diketahui, fenomena alam tersebut merupakan fenomena yang disebabkan oleh mahluk hidup yang mengalami reaksi kimia tertentu yang mampu menghasilkan emisi cahaya, atau disebut bioluminescene.

Bioluminescene sendiri ditemukan di seluruh biosfer, tetapi hanya pada vertebrata laut, invertebrata dan beberapa jenis tumbuhan.

Fenomena tersebut menurut Penjaga Pantai Labuhan Jukung Krui, Aswin, merupakan fenomena alam yang baru pertama kali terjadi.

“Fenomena alam ini baru pertama kali terjadi, dan rata terjadi di sepanjang pantai Krui,” ungkap Aswin, Senin (23/12/2019).

Dikatakannya, fenomena alam terjadi sejak Kamis malam (19/12/2029) , hingga Sabtu malam (21/12/2019).

“Baru bisa dilihat jika malam hari dan terang bulan, cuma tiga hari yang lewat saja bagus warnanya, kalo sekarang sepertinya cahayanya sudah mulai menghilang,” jelasnya.

Diakui Aswin, pengunjung pantai Labuhan Jukung Krui sore hari sudah sepi, malam hari pun sepi tidak ada pengunjung.

“Paling pada malam minggu dan puncak libur anak sekolahan, itu pun tidak hingga malam hari,” ujar dia.

Sayangnya, Kepala Dinas Pariwisata Pesisir Barat, Gunawan, saat dihubungi Tribun Lampung belum bisa berkomentar apa-apa.

“Saya lagi ada kegiatan dan banyak tamu, nanti saya hubungi balik jika sudah selesai,” ucap Gunawan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung belum menerima laporan terkait fenomena alam di Pantai Labuhan Jukung, Krui.

Sepanjang pinggir Pantai Labuhan Jukung terjadi pembiasan sinar berwarna biru yang menyala terang pada malam hari.

Fenomena alam tersebut diduga disebabkan oleh makhluk hidup yang mengalami reaksi kimia tertentu sehingga menghasilkan emisi cahaya atau disebut bioluminescene.

Kepala Seksi Data BMKG Lampung Rudy Haryanto menyatakan, pihaknya masih menunggu informasi dari BMKG Pusat.

“Fenomena apa, kami belum bisa sebutkan,” ujar Rudy, Senin (23/12/2019).

Oleh karena itu, Rudy tak bisa menjabarkan mengenai fenomena alam yang membuat warga sekitar Pantai Labuhan Jukung heboh.

www.tribunnews.com

Baca Juga :  Indonesia Terlibat dalam Pengembangan 9 Calon Vaksin Covid-19, Ada yang Buatan Dalam Negeri hingga Kerja Sama dengan Negara Lain. Ini Daftar Lengkapnya