JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Antisipasi Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Aktifkan Thermal Scan di Gate Imigrasi

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Maraknya pemberitaan dan penyebaran virus baru, yakni virus Corona meningkatkan kewaspadaan pihak Bandara Adi Soemarmo. Pasalnya, Bandara Adi Soemarmo membuka penerbangan rute Solo- Tiongkok yang notabene diketahui sebagai negara asal virus tersebut.

Terkait hal itu, Bandara Adi Soemarmo mengantisipasi dengan mengaktifkan alat thermal scan yang diletakkan di jalur menuju gate imigrasi. Hingga saat ini, proses scan masih menunjukkan hasil nihil.

“Sejak ramai pemberitaan wabah virus korona, sampai sejauh ini belum ada temuan indikasi pendatang yang terjangkit virus masuk ke Solo. Namun tetap dipantau sesuai prosedur. Hari ini tadi (kemarin pagi), tidak ada penumpang yang berpotensi virus korona,” papar Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Goentoro, Jumat (24/1/2020).

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

Pemasangan alat thermal scan ini tidak hanya diperuntukkan penumpang dari Tiongkok saja, namun juga untuk memastikan suhu tubuh semua penumpang internasional, yang datang dari luar negeri. Selain itu, pemasangan alat tersebut juga sudah dilakukan sejak lama dan merupakan tupoksi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) sebagai upaya kekarantinaan.

“Sebelum ada virus korona sudah stand by alat itu. Aktif terus. Meski tidak ada kasus. Ini untuk memantau penyebaran virus dari luar negeri,” imbuh Goentoro.

Baca Juga :  Catering di Solo Kena Tipu Hampir Rp 1 Miliar, Makanan Sempat Diantar ke Masjid Sheikh Zayed untuk Sahur Bersama

Sementara itu, Epidemiolog KKP Semarang wilayah Adi Soemarmo, Aziza Amalia menambahkan, jika terdapat penumpang yang terindikasi virus Corona, maka penumpang akan segera diisolasi dan dibawa ke rumah sakit yang bekerjasama dengan KKP.

“Gejala utama terjangkit virus korona adalah demam tinggi di atas 38 derajat celcius, sesak napas, dan batuk. Jika penumpang terdeteksi suhu tubuhnya tinggi, maka akan di karantina seluruhnya. Tidak hanya penumpang yang terdeteksi saja,” tukasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com