JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Banjir Bandang Pati, 450 KK Terendam Air Campur Lumpur dan Sampah. Puluhan Brimob Polda Jateng Dikerahkan Benahi Tanggul Jebol

Ilustrasi banjir bandang. Foto/Tempo.co
Ilustrasi banjir bandang. Foto/Tempo.co

PATI, JOGLOSEMARNEWS.COM Hujan deras mengguyur Pati sejak tadi pagi memicu banjir bandang. Tingginya intensitas hujan membuat tanggul sungai Desa Tunjungrejo jebol yang mengakibatkan banjir menggenangi pemukiman penduduk warga Desa Tunjungrejo RT 02, RW 7 dan RW 8, Kecamatan Margoyoso, Pati, Minggu (5/1/2020).

Jebolnya tanggul disebabkan karena derasnya aliran air dari dataran tinggi. Selain itu banjir dipicu oleh penyumbatan tumpukan sampah serta tergerusnya tanggul sungai oleh derasnya arus air hujan sepanjang 8 meter dengan ketinggian mencapai 3 meter.

Baca Juga :  Gubernur Ganjar dan Rachmat Gobel Bertemu Bahas Investasi: Pengusaha Happy, Buruh Happy, dan Pemerintah Happy

Akibat dari jebolnya tanggul sejumlah rumah warga terendam air, tercatat kurang lebih 450 KK terendam air bercampur dengan lumpur dan sampah.

Menindaklanjuti hal tersebut, Brimob Kompi 4 Yon A Pelopor dipimpin oleh Komandan Kompi AKP Taufik Gunoedi, bersama sama dengan TNI, Sabhara Polres Pati dan masyarakat memperbaiki tanggul yang jebol untuk mengantisipasi banjir susulan

“Kita dari Brimob Jateng bersama-sama dengan Polres Pati ,TNI dan masyarakat memfokuskan untuk perbaikan tanggul antisipasi banjir kiriman dari dataran tinggi, ” ungkap AKP Taufik Gunoedi dilansir Tribratanews.

Baca Juga :  Pastikan Para Pengusaha Kuliner Tegakkan Protokol Kesehatan, Hendi Lakukan Pencermatan Khusus

Terlihat wakil Bupati Pati juga terjun langsung di TKP karena memang bencana banjir menjadi atensi penting di wilayah Kabupaten Pati.

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada akan cuaca saat ini curah hujan sangat tinggi, selalu tingkatkan kewaspadaan dengan tidak membuang sampah disungai dan perlebar saluran air,” imbuh AKP Taufik Gunoedi.

Hingga pukul 19.00 WIB, tanggul berhasil diperbaiki dengan bantuan alat berat. JSnews