JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Pingin UMKM dan Bisnis Start Up Anda Makin Pesat, Silakan Datang ke Hetero Space Pemprov Jateng. Akan Dilaunching Sebentar Lagi!

Foto/Humas Jateng
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Foto/Humas Jateng

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan Impala Space telah menyiapkan coworking spaceuntuk pengembangan industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah. Coworking Spacebernama Hetero Space tersebut akan di-launching pada 31 Januari di UMKM Center, Banyumanik, Semarang.

Business Development Impala Space Andrie menjelaskan, Hetero Space digambarkan sebagai ruang untuk berbagai pelaku industri kreatif dan UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya. Hetero Spacemembawa semangat infinity in diversity atau tak terhingga dalam keanekaragaman.

“Kami ingin Hetero Space ini menjadi ruang bersama untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah,” katanya saat memberikan paparan tentang Hetero Spacekepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, baru-baru ini.

Terkait rencana operasional Hetero Space, lanjut Andrie, dilakukan berdasarkan tiga basic, yaitu srawung, mbangun, dan melesat.Srawung mengimplementasikan kebersamaan atau ruang diskusi bersama antarindustri kreatif dan UMKM.

Baca Juga :  Ganjar Instruksikan Pengendalian dan Pengawasam Ketat Terhadap Pemudik Idul Adha, Para Kades Diminta Optimalkan Fungsi Jogo Tonggo

Mbangun merupakan bentuk dalam proses edukasi dengan memberikan pengetahuan dan ilmu untuk pengembangan bisnis. Sementara, melesat merupakan perwujudan dari industri kreatif yang siap untuk didorong peningkatan kualitasnya dan memperluas jangkauan.

“Untuk kegiatan yang dilakukan akan ada seminar atau kelas yang mempertemukan pelaku industri dengan mereka yang sudah sukses. Untuk program khusus dengan Dinas Koperasi dan UMKM ada 192 program sepanjang tahun dengan 4 kelas dalam sepekan. Lalu ada juga dengan instansi lain yang juga berkolaborasi untuk fokus ke industri kreatif seperti film dan musik,” terangnya.

Andrie menambahkan program yang dirancang juga akan menyasar pelajar SMK. Program itu akan dilakukan untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan pelajar melalui program magang.

Tujuannya, memberikan modal dasar untuk bekerja di bidang start up atau industri kreatif.

Baca Juga :  Duh Gusti, Kasih Uang Jajan Rp 50.000, Seorang Bapak di Banyumas Tega Setubuhi 2 Anak Gadisnya Secara Bergantian di Kamar Masing-Masing. Polisi Amankan BB 3 Celana Dalam

“Kami juga ada Gapura Digital dan platform pendukung lain seperti UKM GO untuk belajar visual grafis atau ditemukan dengan mahasiswa untuk mengembangkan visual grafis,” imbuh Andrie.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik adanya Hetero Spacetersebut. Ia meminta agar promo mengenaiHetero Space tersebut digencarkan serta memetakan industri kreatif dan UKM di Jateng.

“Ini bagus karena bisa menyediakan ruang fisik dan ruang edukatif. Harapannya ini bisa menjadi tempat belajar dan pemasaran serta pengembangan industri start up kita.Coworking space ini kalau bisa juga ada tempat untuk jualan juga, ada banyakmerchandise juga,” katanya.

Ganjar ingin nantinya Hetero Space lebih berkembang dan inovatif, misalnya dengan mengadakan Hetero Space Mobile yang bisa berkeliling ke daerah-daerah.

“Kalau bisa nanti ada Hetero Mobile yang bisa keliling ke daerah dan memberikan pelatihan atau kelas dan pertunjukan,” pungkas gubernur. JSnews