JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tersebar Kabar Ada Pasien Suspect Virus Corona, RSUD dr Moewardi Solo: Pasien Sakit Bronkitis Akut, Bukan Korona

Jumpa pers manajemen RSUD dr Moewardi Solo terkait kabar ada pasien suspect virus corona. Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – RSUD dr Moewardi Solo memastikan tidak ada pasien suspect virus Corona yang masuk ke rumah sakit tersebut. Hal itu menjawab isu-isu yang beredar di media sosial tentang adanya pasien suspect Corona yang dirawat di RSUD dr Moewardi.

“Diagnosa pasien tersebut adalah bronkitis akut. Jadi dipastikan tidak ada pasien suspect Corona. Memang pasien yang dimaksud memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri yaitu ke Singapura dan Malaysia, bukan ke Wuhan, China,” urai Ketua Tim SARI RS dr Moewardi, Harsini, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, RSUD dr Moewardi Solo sendiri telah melakukan persiapan mengantisipasi penyebaran coronavirus jenis baru yang tengah menjadi fenomena dunia saat ini.

Baca Juga :  Nekat Demo di Tengah Pandemi, Saat Diminta Membubarkan Diri Oleh Polisi Puluhan Mahasiswa di Solo Malah Niat Melawan, Ada yang Bawa Cutter dan Palu

Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RSUD dr Moewardi Solo, Eko Haryati mengungkapkan, rumah sakit telah mempersiapkan tim Severe Acute Respiratory Infection (SARI) yang telah terbentuk sejak tahun 2014 lalu.

“Tim ini mempunyai tugas menangani pasien rawat jalan dan rawat inap termasuk rujukan dari unit pelayanan kesehatan di luar RS yaitu SARI, Avian Influenza (AI), Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS COV) dan kegawatan paru karena infeksi,” urainya.

Eko menegaskan, RS dr Moewardi menyatakan siap menghadapi penyebaran virus Corona.

Baca Juga :  Sempat Menolak Dites, Kades Trombol Mondokan Sragen Malah Positif Terpapar Covid-19. Kini Diisolasi di Technopark, 5 Saudaranya Juga Positif Semua

“Mulai dari SDM dan peralatan hingga ruang isolasi semuanya sudah siap. Dan kami memastikan isu yang berkembang di tengah masyarakat adalah tidak benar. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Solo tidak perlu takut karena sampai detik ini tidak ada pasien Corona dan semoga tidak ada,” tandasnya.

Selain persiapan peralatan, RSUD dr Moewardi juga telah memiliki ruang isolasi khusus untuk pasien airborne di Ruang Anggrek 1 dengan kapasitas dua tempat tidur dan di IGD dengan satu tempat tidur. Triawati PP