JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

SMK Citra Medika Sragen Terima Kunjungan Delegasi Universitas Rajamanggala Thailand. Bahas Kuota Beasiswa Untuk Siswa Kuliah di Thailand

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto bersama jajaran guru karyawan saat berpose bersama delegasi dari Universitas Rajamanggala Thailand yang berkunjung untuk membahas kerjasama kuota beasiswa kuliah. Foto/Wardoyo
Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto bersama jajaran guru karyawan saat berpose bersama delegasi dari Universitas Rajamanggala Thailand yang berkunjung untuk membahas kerjasama kuota beasiswa kuliah. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM SMK Citra Medika Sragen mendapat kunjungan dari staf pengajar di Rajamangala University of Technology Krungthep Thailand pada Sabtu (11/1/2020).

Kedatangan para staf pengajar itu dalam rangka memperkenalkan UTK sebagai salah satu universitas berstandar internasional di Thailand.

Tidak hanya itu, kunjungan UTK ke SMK Citra Medika Sragen ini sekaligus untuk penjajakan kerja sama berupa pemberian kuota khusus dan beasiswa bagi siswa-siswi di SMK Citra Medika Sragen yang ingin melanjutkan studi ke Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand.

Kunjungan dari UTK ini mendapatkan sambutan hangat dari kepala sekolah, guru-guru, dan siswa-siswi. Antusiasme siswa-siswi juga sangat luar biasa.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar lima puluh siswa-siswi kelas X dan XII baik jurusan Farmasi dan Keperawatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari UTK, yakni Pollapatr Pornkunanupap, Ada Marie Mascarinas, dan Nico Irawan. Kebetulan salah satu delegasi UTK itu ada yang berasal dari Indonesia, yaitu Nico Irawan yang sekaligus sebagai penerjemah bahasa.

Baca Juga :  Kades Trombol Mondokan Sragen dan 5 Saudaranya Positif Corona, Pelayanan Kantor Desa Tidak Ditutup. Pemkab Pastikan Semua Perangkat Tidak Tertular
Foto/Wardoyo

Pemaparan program studi, fasilitas kampus, dan profil para alumni disampaikan oleh Ada Marie Mascarinas, salah satu pengajar di UTK yang berasal dari Filipina.

Meskipun pemaparan dengan menggunakan bahasa Inggris, namun siswa-siswi tidak mengalami kesulitan dalam memahami.

Bahkan, setelah pemaparan banyak siswa-siswi kelas XII yang bertanya, salah satunya Tita, siswi kelas XII Keperawatan yang menanyakan mengenai tes jalur masuk.

“Aku memang kebetulan pingin banget nanti bisa melanjutkan studi ke luar negeri. Alhamdulillah, di SMK Citra Medika Sragen ini sangat memfasilitasi siswa-siswinya yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Tadi sempet nanya untuk jalur masuk ke UTK, Thailand gimana? Ternyata, aku bersyukur banget karena untuk lulusan SMK Citra Medika Sragen tahun ini ada kuota khusus untuk masuk tanpa jalur tes, bahkan ada penawaran beasiswa juga. Seneng, deh pokoknya! Semoga ke depannya Citra Medika Sragen semakin sering bekerja sama dengan beberapa universitas luar negeri,” papar Tita seusai kegiatan.

Baca Juga :  Bangkitkan IKM Batik di Masa Pandemi, Kementerian Perindustrian Gelontor Bantuan dan Bimtek 35 Perajin di Masaran Sragen. Direktur IKM Berharap Batik Sragen Makin Berkembang dan Dikenal!
Foto/Wardoyo

Kepala SMK Citra Medika Sragen,
Nano Priyanto mengungkapkan pihaknya memang sering melakukan kerja sama ke beberapa universitas dan industri kerja di luar negeri, seperti China, Singapura, Malaysia, Jepang, dan Thailand.

Hal itu dimaksudkan untuk menjalin kerjasama berupa penyaluran alumni ke negara tujuan baik sebagai mahasiswa maupun tenaga kerja.

“SMK Citra Medika Sragen setiap tahunnya selalu melakukan kunjungan ke luar negeri, seperti beberapa waktu lalu kami pernah berkunjung ke Thailand dan China. Tujuannya tentu saja agar sekolah kami bisa menjalin kerja sama berupa penyaluran alumni-alumni kami ke negara-negara tersebut, baik sebagai mahasiswa maupun tenaga kerja. Hal tersebut dilakukan karena kami ingin memberikan kualitas pendidikan terbaik di sekolah kami,” pungkasnya. Wardoyo