loading...

SOLO, JOGLOSEMAR NEWS.COM – SMP Negeri 8 Surakarta merealisasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan keseharian siswa di sekolah.

Di bawah kepemimpinan Triad Suparman SPd MPd, SMPN 8 Surakarta pendidikan karakter tersebut diwujudkan dalam lima nilai, yakni nilai religius, nasionalisme,  nilai kemandirian, gotong royong dan nilai integritas.

Melalui rilis yang dikirim Waka Humas Sri Suprapti ke Joglosemarnews, Triad Suparman mencontohkan, nilai religius diwujudkan dalam bentuk kegiatan keagamaan untuk masing-masing kepercayaan.

“Misalnya untuk siswa muslim ada tadarus Al Quran, sholat dhuha di istirahat pertama, sholat dhuhur di istirahat ke-2 dan sholat ashar saat istirahat ke-3,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemerintah Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun

Sedangkan untuk para siswa yang beragama Kristen dan Katolik mengadakan misa atau ibadat bersama, persekutuan doa, mengelar Paskah dan Bakti Sosial atau Natal bersama.

Nilai nasionalisme diwujudkan dalam bentuk berbagai kegiatan sekolah, seperti kegiatan pramuka, operasi tertib sekolah, berbagai lomba PBB, outing class, latihan kepemimpinan dan lain-lain.

“Contoh lainnya, nilai gotong royong diwujudkan dalam bentuk kegiatan pemeliharaan taman sekolah, pralenan, melakukan bakti sosial dan lain-lain,”  ujar Triad, sebagaimana dikutip dalam rilisnya.

Baca Juga :  Siswi SD Muhammadiyah 1 Ketelan Sabet Juara 1 Festival Adat Nusantara

Untuk menumbuhkan jiwa gotong royong, jelas Triad, para siswa juga dibiasakan untuk mengasah empati keluar  lingkungan sekolah.

“Seperti mengikuti kunjungan ke panti asuhan, ziarah dan lain-lain. Demikian dengan nilai-nilai karakter yang lain, direalisasikan dengan berbagai kegiatan yang lain,” paparnya. suhamdani