JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu, Sejarah PT RUM Nguter Sukoharjo Ternyata Awalnya Akan Dibangun di Wonogiri. Nama dan Lokasinya Sudah Disiapkan

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – PT Rayon Utama Makmur (RUM) masih dipermasalahkan lantaran limbah baunya yang sangat menyengat. Tak hanya di lokasi berdirinya pabrik di Sukoharjo, warga Wonogiri tutur bersuara lantang akibat bau yang timbul dari proses produksi serat rayon perusahaan itu.

Di balik itu semua banyak yang menyangka perusahaan grup PT Stitex itu sejak awal berdiri memilih lokasi pabrik di Desa Plesan Kecamatan Nguter. Padahal konon pabrik tersebut rencananya didirikan di wilayah Wonogiri.

Fakta itu terungkap ketika digelar mediasi oleh Pemkab Wonogiri terkait permasalahan limbah PT RUM dengan warga di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (17/1/2020). Presiden Direktur PT RUM Pramono menjelaskan, awalnya akan didirikan di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

“Rencananya kami mendirikan pabrik serat rayon di Wonogiri,” kata dia.

Lokasi yang dipilih awalnya adalah kawasan Alas Kethu. Nama yang akan digunakan untuk perusahaan bernilai investasi 7 triliun itu adalah PT Rayon Utama Wonogiri.

Hanya saja, karena terganjal regulasi RTRW, niat mendirikan perusahaan harus kandas. Kawasan Alas Kethu peruntukannya bukan untuk industri.

Baca Juga :  Paslon Josss dan Harjo Diminta Bikin Satgas COVID-19, Salah Satunya Untuk Memastikan Pelaksanaan Kampanye Sesuai Prokes, Supaya Terhindar Dari Permasalahan Batasan Massa Kampanye

“Kami kemudian mencoba lokasi lain di dekat Sungai Walikan Kecamatan Wonogiri di hulu Bengawan Solo. Tapi juga tidak bisa kami laksanakan, terbentur peraturan pemerintah,” beber dia.

Akhirnya ditemukan lokasi ketiga di wilayah Kecamatan Nguter. Lokasi itu menjadi tempat berdirinya pabrik hingga saat ini.

“Sebenarnya kami dari awal cocok dengan Wonogiri. Sudah sekitar 4,5 tahun kami survei lokasi-lokasi di Wonogiri. Menurut hemat kami usaha tekstil, pulp, dan sejenisnya cocok didirikan di daerah tinggi seperti Wonogiri,” jelas dia. Aria