JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Alhamdulillah, UMS Jadi Kampus Swasta Nomor 1 di Indonesia Versi UniRank

Gedung Induk Siti Walidah UMS. Foto: dok

SUKOHARJO (JOGLOSEMARNEWS.COM )-Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dikukuhkan sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia versi UniRank tahun 2020. Prestasi UMS menjadi kampus dengan peringkat paling tinggi di kalangan kampus swasta di tanah air ini mengikuti prestasi pada tahun 2018 silam yang menobatkan UMS sebagai Perguruan Tinggi Islam terpopuler nomor 1 di Indonesia.
Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, M.Si mengatakan, hasil pemeringkatan dari UniRank ini menunjukkan bahwa target UMS menjadi world class university semakin terbuka lebar. Capaian ini tentu tak lepas dari kekompakan dan kinerja yang baik dari para pimpinan dan seluruh jajaran sebagai sebuah team work yang ada di UMS. “Kinerja baik tersebut kini membuahkan prestasi yang maksimal dengan menempati urutan pertama dari 20 perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di Indonesia,” ungkapnya.
Sofyan menambahkan, dengan ini prestasi tersebut atas nama Pimpinan UMS menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UMS atas dedikasi yang telah diberikan untuk UMS yang terus bergerak maju. “Ke depan saya berharap, UMS bisa menembus tidak hanya versi UniRank saja melainkan juga bisa meraih prestasi dari versi-versi yang lainnya. Seperti 2017 lalu kami juga dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik nomor satu di Indonesia oleh QS World University Rankings” jelas Sofyan.
Seperti diketahui, lembaga direktori pendidikan internasional UniRank baru saja merilis pemeringkatan universitas dunia tehadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara yang masuk dalam basis data mereka.
UniRank dalam lamannya menyebutkan, pihaknya membatasi pemeringkatan pada pendidikan tinggi telah terakreditasi lembaga yang diakui pemerintah setempat, memiliki program S1/S2, dan memberikan pembelajaran tatap muka (non-jarak jauh) saja.
Tujuan UniRank (University Ranking) yakni memberikan perkiraan peringkat global universitas berdasarkan pada kehadiran dan popularitas web atau laman resmi universitas dalam hal lalu lintas (traffic), kepercayaan/otoritas, dan popularitas tautan berkualitas. Di sisi lain UniRank mengingatkan, pemeringkatan yang mereka lakukan tidak langsung merujuk pada pemeringkatan kualitas pendidikan atau tingkat layanan akademik yang disediakan.
Pada Januari 2020 lalu Unirank melakukan pemeringkatan terhadap 571 universitas negeri dan swasta di Indonesia. Mengambil dari 5 indikator webmetric, yaitu Domain Moz, Peringkat Global Alexa, Global SimilarWeb, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow. Berikut ini 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik Indonesia versi UniRank:
1. Universitas Muhammadiyah Surakarta
2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
3. Universitas Bina Nusantara
4. Universitas Telkom Bandung
5. Universitas Muhammadiyah Malang Malang
6. Universitas Islam Indonesia
7. Universitas Pasundan
8. Universitas Mercu Buana
9. Universitas Gunadarma
10. Universitas Ahmad Dahlan
11. Universitas Dian Nuswantoro
12. Universitas Sanata Dharma
13. Universitas Narotama
14. Universitas Komputer Indonesia Bandung
15. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
16. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
17. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
18. Universitas Islam Sultan Agung
19. Universitas Esa Unggul
20. Universitas Kristen Petra

Baca Juga :  Semakin Marak, Kapolresta Solo Tegaskan Aksi Balap Lari Liar Dilarang

(Syahirul)