JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dinilai Tidak Efektif, Politikus PDIP Minta Jokowi Hapus Jabatan Menko

Effendy Simbolon / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Jabatan Menteri Koordinator (Menko) dinilai tidak efektif jika kabinet Insonwsia Maju bertekad hendak berlari.

Demikian dilontarkan oleh politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendy Simbolon.

Dia menilai, jabatan menteri koordinator, seakan tak ada lagi fungsinya. Memasuki 100 hari pertama kerja Kabinet Maju Presiden Joko Widodo, Effendy berpendapat jabatan ini agar dihapus.

“Kalau mau lari kencang, enggak perlu ada Menko. Semua menteri-menterinya adalah menteri yang langsung menerapkan kebijakannya,” kata Effendy dalam diskusi di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020).

Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat itu mengatakan selama periode kedua pemerintahan Jokowi berjalan, para menteri nampak bingung kepada siapa dia harus bertanggung jawab.

ABahkan, ia melihat tanpa adanya kementerian koordinator pun, seluruh kementerian berjalan dengan diskresinya masing-masing.

“Sekarang saya juga melihat fungsi Menko juga saya kira ga terlalu efektif kecuali memperpanjang birokrasi yang akhirnya ga penting juga begitu,” kata Effendy.

Effendy mengakui pemerintah saat ini mampu menciptakan stabilitas politik. Hal ini dilakukan lewat langkah merangkul lawan politik utama saat pemilihan presiden, menjadi kawan dengan memasukkannya ke jajaran menteri.

Namun Effendy kemudian memanfaatkan apakah modal stabilitas politik ini telah berhasil dimaksimalkan. Ia menyebut jabatan-jabatan di dalam kabinet dan orang-orang yang mengisinya lah yang kemudian sangat menentukan.

“Nah ini berpulang lagi kepada susunan kru yang ada di kapalnya Pak Jokowi ini,” kata Effendy.

www.tempo.co

Baca Juga :  Demi Ungkap Pelanggaran Pilpres 2024, Masyarakat Sipil Desak Pengadilan Rakyat
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com