JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Inovasi Baru, Tim KKN Undip Tularkan Varian Sirup Secang Dalam Bentuk Es Krim ke UMKM di Demak. Ini Keunggulannya!

Produk baru inovasi Sirup Wedang Secang. Foto/Istimewa
Produk baru inovasi Sirup Wedang Secang. Foto/Istimewa

DEMAK, JOGLOSEMARNEWS.COM Tim I KKN UNDIP Tahun 2020 yang sedang menjalankan tugas pengabdian kepada masyarakat memberikan pelatihan pembuatan es krim kepada salah satu pelaku UMKM usaha sirup wedang secang HARUM, Ny Fitri.

Pelatihan pembuatan es krim itu dilangsungkan pada Minggu (26/1/2020). Pelatihan diberikan untuk membekali dan mendorong agar usaha milik Ny Fitri memiliki varian produk yang dapat dijual untuk dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat terutama untuk anak-anak.

Sekadar tahu, usaha sirup wedang secang HARUM telah berdiri dari tahun 2014. Sirup wedang secang ini terbuat dari berbagai macam rempah alami seperti secang, kayu manis, serai, jahe, cengkeh, yang dicampur dengan air dan gula melalui proses perebusan.

Baca Juga :  Dijebak Lewat Aplikasi Perjodohan, Seorang Gadis asal Banyumas Diajak Ketemuan, Jalan-Jalan ke Swalayan dan Dibawa ke Hotel. Lalu Ini Yang Kemudian Terjadi!

Sehingga minuman khas itu bisa dikonsumsi sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Penyajian minuman ini pun dapat diseduh dengan air hangat maupun dingin.

Salah satu mahasiswi tim KKN, Ailsa Azaria Laksita mengungkapkan inovasi membuat es krim dari sirup secang itu sengaja diberikan untuk membantu usaha milik Ibu Fitri agar semakin dikenal oleh masyarakat sekitarnya.

Selain itu, pelatihan juga sebagai wujud kepedulian dan pengabdian untuk masyarakat.

Baca Juga :  Semalaman Tak Pulang, Orangtua asal Purworejo Kaget Tahu Anak Gadisnya Yang Berusia 14 Tahun Ternyata Digondol ke Hotel dan Disetubuhi oleh Kenalan Barunya. Meski Suka Sama Suka, si Pria Tetap Dikeler Polisi

“Rasa secang yang kental akan herbal menjadikan sirup ini kurang digemari anak-anak. Oleh karena itu Tim I KKN UNDIP Tahun 2020 menggagas ide untuk membuat inovasi baru dengan memanfaatkan sirup wedang secang tersebut,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (14/2/2020).

Diharapkan dengan adanya produk
baru, sirup wedang secang menjadi lebih digemari. Tak hanya karena khasiatnya yang identik dengan bahan herbal, namun inovasi itu diharapkan juga makin mengangkat pamor sirup secang sehingga lebih menarik dan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM. Wardoyo