JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Komisi IV DPRD Solo : Bangunan Panti Wreda Dharma Bhakti Terlalu Tua Untuk Penghuninya

Komisi IV DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Panti Wreda Dharma Bhakti Kleco, Jumat (31/1/2020). Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi IV DPRD Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Panti Wreda Dharma Bhakti Kleco, Jumat (31/1/2020). Dari hasil sidak, ditemukan bahwa bangunan panti tersebut sangat memprihatinkan karena lebih tua dari penghuninya.

Komisi IV menemukan bahwa beberapa atap bangunan bocor, sejumlah ruang kurang ventilasi dan beberapa bagian dinding retak. Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Pemkot Solo untuk menyelesaikan lersoalan yang ada di dalam panti.

Baca Juga :  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Setukba Angkatan ke-37

“Yang mendesak untuk diselesaikan ada dua. Pertama bangunan yang sudah tua dan tidak layak, kemudian minimnya sarana mobilitas penghuni panti berupa kursi roda,” paparnya.

Terkait kursi roda, dikatakan Putut, pihaknya akan segera menyelesaikan dengan mencari pos anggaran di APBD Perubahan 2020.

“Saya yakin tahun ini pengadaan kursi roda baru untuk warga panti akan segera terealisasi. Karena kita tadi melihat banyak kursi roda yang sudah tidak bisa dipakai, ditumpuk begitu saja. Padahal kebutuhannya mendesak. Nanti kita langsung bahas dengan OPD (organisasi perangkat daerah),” imbuhnya.

Baca Juga :  10 Tersangka Sudah Dibekuk, Polisi Buru 5 DPO Termasuk Otak Kasus Penyerangan Mertodranan Solo

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Evi Mahanani Avianto membenarkan terkait kondisi bangunan panti wreda yang telah menua.

“Panti itu dibangun tahun 1977 dan memang belum ada pembangunan ulang sampai saat ini. Paling hanya renovasi. Kalau ada catatan dari dewan soal atap bocor ya harus segera diganti,” katanya. Triawati PP