JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Membahayakan Saat Hujan Angin, Pohon-Pohon Tua di Sepanjang Karanganyar Kota Hingga Jaten dan Palur Mulai Dipreteli

Pemangkasan ranting pohon di Karanganyar Kota. Foto/Wardoyo
Pemangkasan ranting pohon di Karanganyar Kota. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Memasuki musim penghujan, Pemkab melalui dinas terkait mulai melakukan pemangkasan pohon di sejumlah ruas jalur utama di Karanganyar.

Kondisi pohon yang sebagian sudah tua dan besar terpaksa dipangkas lantaran dinilai rawan tumbang dan membahayakan jika hujan bercampur angin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (DPUPR), Edy Sriyatno mengatakan pohon yang saat ini telah berusia lebih dari 25 tahun tersebut, saat ini mulai rimbun.

Pemangkasan ranting dilalukan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi. Menurutnya jika daun dan ranting yang telah rimbun ini dibiarkan, dikhawatirkan akan roboh dan menimpa para pengguna jalan.

Baca Juga :  Polres Karanganyar Usut Izin Senjata Yang Digunakan Untuk Menembak Mati Kucing Anisa asal Colomadu. Peradi Sebut Pelaku Penganiaya Binatang Bisa Dijerat Pasal 302 KUHP

“Saat ini kan musim penghujan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi, kita lakukan pemangkasan.  Pohon peneduh yang berada di sepanjang  Jalan Lawu, kawasan Alun-Alun Karanganyar dan Taman Pancasila menjadi fokus utama dalam  pemangkasan,” paparnya kepada wartawan, Kamis (06/02/2020).

Ia menguraikan pemangkasan juga untuk mengendalikan pertumbuhan akar yang semakin meluas hingga ke jalan.
Jika daun dan ranting dipangkas, maka akar tidak menjalar kemana-mana.

Baca Juga :  Siap-Siap, Mulai Bulan Depan, Tak Pakai Masker di Karanganyar Bakal Didenda Rp 20.000. Simak Ketentuan Lainnya!

Pemangkasan akan dilakukan setiap hari. Sasarannya mulai dari jalan utama kota Karanganyar, hingga ke Palur yang berada di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten.

“Di jalur ini, sangat banyak pohon yang mulai rimbun. Dengan demikian, pengguna jalan juga merasa aman dan tidak perlu khawatir jika tertimpa ranting atau pohon yang tumbang saat terjadi angin kencang,” pungkasnya. Wardoyo