JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Sempat Masuk Ruang Isolasi, Gubernur Ganjar Pastikan Satu Penumpang Yang Dicurigai Corona Virus di Bandara Ahmad Yani Ternyata Negatif

Foto/Humas Jateng
Foto/Humas Jateng

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan satu penumpang yang tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang dan sempat masuk ruang isolasi dinyatakan negatif corona virus.

Ia juga memastikan seluruh pintu masuk di Jawa Tengah aman dari penyebaran virus corona. Hal itu dikarenakan telah dibuatnya posko pengecekan di sejumlah pintu masuk seperti bandara, pelabuhan dan stasiun.

Hal itu ia sampaikan sebelum perjalanan ke Jakarta, Senin (3/2/2020). Ganjar menyempatkan diri mengecek posko pengecekan virus corona di pintu keluar penerbangan internasional Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Di tempat itu, Ganjar memastikan semua penumpang yang turun ke Jawa Tengah dari penerbangan internasional telah dinyatakan sehat.

Baca Juga :  Hadapi Corona, Gubernur Ganjar Pertegas Sinergi dengan Ulama dan Pengelola Ponpes

“Ini saya mau ke Jakarta, mendadak ingin melihat bagaimana kesiapan kawan-kawan menjemput seluruh tamu khususnya penerbangan luar negeri. Alhamdulillah semuanya sudah siap,” kata Ganjar.

Di tempat itu, Ganjar melihat ada alat bernama Optotherm atau Thermal Scanner yang dipasang di lorong pintu keluar. Alat tersebut berfungsi mengecek suhu tubuh dari penumpang yang melintas.

“Jadi semua penumpang yang melintas, suhu tubuhnya terdeteksi. Kalau suhu tubuh di atas 36 derajat, maka langsung dilakukan tindakan dengan dibawa ke ruang pemeriksaan,” terangnya.

Di posko tersebut, tersedia juga ruang pemeriksaan lengkap dengan dokter yang berjaga. Ada pula ruang isolasi yang diperuntukkan khusus bagi penumpang yang dianggap perlu diisolasi.

Baca Juga :  Ganjar Minta Kepala Daerah Tingkatkan Testing Covid-19

“Ambulans juga sudah siap, jadi ini upaya kami untuk menjaga agar virus corona tidak masuk ke Jawa Tengah,” tambahnya.

Dari laporan petugas posko, lanjut dia, belum ada temuan penumpang yang terjangkit virus corona. Meski begitu, pihaknya tetap meminta para petugas untuk tetap melaksanakan tugasnya sesuai standar yang ditetapkan.

“Alhamdulillah sampai hari ini semuanya aman, kemarin memang ada satu penumpang yang sempat masuk ruang isolasi, namun setelah dicek ternyata negatif Corona. Jadi sampai saat ini semuanya aman,” pungkasnya. JSnews