JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Jalin Kerjasama Dengan PT Buma dan Enka Techindo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dan PT. Enka Tehindo bertempat di Ruang Sidang I Gedung Rektorat Dr. Prakosa, Jumat (14/2/2020) pagi. Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) dan PT. Enka Tehindo bertempat di Ruang Sidang I Gedung Rektorat Dr. Prakosa, Jumat (14/2/2020) pagi.

Hadir mewakili UNS dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M. Si, Direktur Pascasarjana Prof. Drs. Sutarno, M. Sc., Ph. D, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Mardiyana, M. Si, Dekan Fakultas Teknik (FT) Dr. techn. Ir. Sholihin As’ad, M. T, dan Direktur Sekolah Vokasi (SV) Drs. Santoso Tri Hananto, M. Acc., Ak. Sedangkan mewakili pihak PT. BUMA hadir GM Education and Partnership, Kristianto Widiyawan.

Di hadapan pimpinan universitas dan Direksi PT. BUMA yang hadir, Prof. Sajidan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya penandatanganan MoU antara UNS dengan PT. BUMA. Ia berharap agar melalui MoU tersebut dapat ikut membantu mewujudkan program ‘Merdeka Belajar’ dan ‘Kampus Merdeka’ yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, di tahun 2020 ini.

Baca Juga :  Polresta Surakarta Ungkap Model Baru Peredaran Narkoba di Kota Solo. Barang Ditaruh di Tempat Belanja Minimarket, Ini Ceritanya..

“Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar sudah dimasukkan ke dalam indikator universitas. Bahwa kita sepakat menandatangani MoU usai pembicaraan kita di FKIP beberapa waktu yang lalu. Terkhusus nanti Pendidikan Teknik Mesin (PTM) dan Sekolah Vokasi dan juga dengan Pascasarjana waste water treatment di PT. BUMA. Semoga bisa menjadi wahana intensif bagi mahasiswa kita baik di jalur akademik maupun vokasi. Semoga nanti bisa diberi kesempatan bagi mahasiswa vokasi untuk memperkuat MoU ini,” ujar Prof. Sajidan dalam rilisnya, Sabtu (16/2/2020).

Baca Juga :  Agar Solo Terhindari dari Panggung Konflik Horisontal dan Terjaga Harmoni di Masyarakat, Inilah Kuncinya

Ruang lingkup yang tertuang dalam MoU tersebut meliputi, bidang pendidikan, penelitian, pengembangan, dan bidang pengabdian kepada masyarakat, bidang pengembangan potensi perusahaan, dan bidang lain sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Selain itu, sejumlah isi kerja sama yang mencakup aktivitas kelembagaan/ perusahaan dan mutu pendidikan melalui pendidikan, penelitian, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia ditujukan untuk menyinergikan peran dan fungsi masing-masing pihak dengan prinsip saling menguntungkan bagi peningkatan pembangunan, keagamaan, pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia.

Dengan terselenggaranya MoU tersebut, Prof. Sajidan mengharapkan agar UNS dengan PT. BUMA mampu bersinergi dan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain itu, Prof. Sajidan juga menyerahkan kolaborasi antara Pascasarjana UNS dengan PT. BUMA dalam mengatasi permasalahan lingkungan melalui Program Studi (Prodi) S3 Ilmu Lingkungan. Prihatsari