JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Viral Video Mobil Pelat Merah G 43 AA Diduga Dipakai Latihan Menyetir di Stadion Pekalongan, Wawali Pekalongan: Bukan Milik Pemkot

Mobil dinas milik Kota Pekalongan yang dijadikan buat belajar menyetir di Stadion Hoegeng Pekalongan. Tribunjateng/istimewa

PEKALONGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Video mobil berpelat merah diduga digunakan untuk belajar menyetir di Stadion Pekalongan viral di media sosial. Tampak pelat mobil itu G 43 AA. Mobil operasional siapakah itu?

Video berdurasi 12 detik itu viral, salah satunya di media sosial grup Facebook Pekalongan Info. Video dibagikan akun Erlando Lando. Berikut narasi yang disertakan.

“mobil rakyat dipakai untuk latihan nyopir setiap jam kerja sampai sore di Stadion Hoegeng Kraton Pekalongan…. bukannya mau usil Pekalongan info’.

Berdasar aplikasi Sakpole, mobil itu bermerk Toyota Rush 2012. Sementara itu, Kasubag Humas Pemkot Pekalongan Restu saat dihubungi Tribunjateng.com mengatakan pihaknya masih mengecek kebenaran informasi tersebut.

“Terima kasih mas informasinya, nanti kita konfirmasi orang yang bersangkutan dan saat ini masih dicek,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid menjelaskan identitas mobil itu bukan milik Pemkot Pekalongan.

Baca Juga :  52 Santri Positif Covid-19, Ponpes Nurul Hidayah Langsung Dilockdown. Tiga Jalan Masuk Diportal, Kapolres Terjun Beri Bantuan

“Dari data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bidang aset, mobil bernopol G 43 AA bukan punya Pemkot Pekalongan,” katanya melalui telepon.

Aaf panggilan sapaannya mengungkapkan, kemungkinan mobil tersebut, punya instansi di luar Pemkot Pekalongan.

Saat disinggung mengenai, apakah boleh tidak mobil berplat merah dijadikan untuk latihan menyetir, pihaknya menjelaskan tidak boleh kendaraan dinas dijadikan untuk belajar menyetir.

“Di Kota Pekalongan banyak sekali tempat kursus latihan menyupir. Lebih baik belajar dan melancarkan di tempat pelatihan menyetir,” ungkapnya.

Bocah Naiki Motor Pelat Merah

Sebelum ini, viral sepeda motor berpelat merah yang ditunggangi dua anak di bawah umur di Kota Pekalongan.

Ternyata sepeda motor dinas tersebut merupakan kendaraan dinas milik ASN di Puskesmas Tirto, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Baca Juga :  Aksi Kamisan di Semarang Sempat Diwarnai Adu Mulut dan Nyaris Dibubarkan

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto saat ditemui Tribunjateng.com di kantornya, Senin (10/2/2020).

“Benar itu mas, motor dinas yang ditunggangi anak kecil tersebut milik ASN Kota Pekalongan yang bekerja di Puskesmas Tirto,” kata Budi.

Terkait viral berita tersebut, pihaknya sudah memanggil pemilik kendaraan untuk dimintai keterangan.

Dari keterangan, kendaraan tersebut memang dipakai oleh anak dari pemilik kendaraan pada hari Minggu (9/2/2020).

“Setiap Minggu, anak dari pemilik kendaraan biasanya jalan-jalan bersama orangtuanya ke Lapangan Mataram.

Namun, pada saat itu tanpa diketahui orangtuanya, anak dari pemilik kendaraan mengambil kendaraan dinas yang terparkir dan mengajak temannya ke Lapangan Mataram,” ungkapnya.

Budi menambahkan hal ini adalah bentuk pelanggaran dan pihaknya berharap ini sebagai pembelajaran untuk ASN di Kota Pekalongan.

www.tribunnews.com