loading...

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, karena jika manusia tidak makan dan minum manusia bisa mati. Selain pemilihan makanan, cara makan dan minum juga bisa mempengaruhi kesehatan.

Dalam Islam ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama mengenai hukum makan dan minum sambil berdiri. Sebagian ulama melarangnya, tetapi sebagian lainnya membolehkannya berdasarkan hadits shahih yang menjelaskan Nabi Muhammad dan para sahabatnya ternyata pernah makan dan minum sambil berdiri.

Terlepas dari itu, umat Islam sangat dianjurkan makan dan minum sambil duduk. Apalagi, secara medis makan dan minum sambil duduk itu dianggap lebih baik daripada makan dan minum sambil berdiri atau sambil tiduran.

Dalam buku Makan dan Minum Sambil Berdiri Haramkah, Syafri Muhammad Noor menjelaskan hikmah dan manfaat kesehatan makan dan minum sambik duduk. Pertama, menurut dia, kebiasaan minum sambil duduk bermanfaat dalam membantu menyehatkan ginjal.

Baca Juga :  Dokter Tirta Imbau Warga Pakai Masker Kain, Bukan Masker Medis, Ini Alasannya

Kedua, orang yang memiliki kebiasaan minum sambil duduk juga akan terhindar dari dehidrasi. Ketiga, kebiasaan ini juga dapat menghidarkan dari penyakit lambung. Menurut Ana Budi Rahayu, reflux asam lambung dapat disebabkan salah satunya dari kebiasaan minum dan makan sambil berdiri.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan asam lambung naik ke eksofagus dan membuat kerongkongan teriritasi. “Untuk mencegah kondisi ini maka sebaiknya sahabat minum dan makan sambil duduk sebagaimana seperti anjuran Rasulullah SAW,” ujar Syafri.

Di samping itu, menurut Syafri, kebiasaan makan dan minum sambil duduk juga akan menyehatkan pencernaan, menenangkan syaraf, dan terhindar dari penyakit artritis, yaitu peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Makan dan minum sambil duduk juga akan memberi efek segar pada tubuh.

Baca Juga :  Sikapi Wabah Covid-19 di Indonesia, Alodokter Rilis Layanan Digital Cek Mandiri Risiko Terkena Virus Corona

Sedangkan minum sambil berdiri, menurut Ibnul Qoyyim, tidak dapat memberikan kesegaran pada tubuh secara optimal dan air yang masuk ke dalam tubuh akan cepat turun ke organ tubuh bagian bawah.

Hal itu dikarenakan air yang dikonsumsi tidak tertampung di dalam maiddah (lambung) yang nantinya akan dipompa oleh jantung untuk disalurkan ke seluruh organ-organ tubuh. Dengan demikian air tidak akan menyebar ke organ-organ tubuh yang lain.

www.republika.co.id