JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kartasura dan Colomadu Diguyur Hujan Abu, Bandara Adi Soemarmo Tutup Sementara

Seorang warga Tohudan Colomadu, Suprianto, menunjukan abu vulkanik gunung merapi yang menampel pada mobil, Selasa (3/3/2020). Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dampak Hujan abu sudah merambah ke Bandara Adi Soemarmo. Bandara internasional yang terletak di Boyolali tersebut dinyatakan tutup sementara.

“Penutupan dari pukul 09.10 WIB hingga pukul 10.10 WIB. Ditutup karena hujan abu,” ujar Humas Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, Selasa (3/3/2020).

Penutupan operasional Bandara dilakukan setelah diketahui tes landasan dinyatakan positif terdapat abu vulkanik.

“Memang diputuskan penutupan satu jam,” tukas Danar.

Sementara itu, dampak penutupan sementara Bandara Adi Soemarmo berakibat pada penerbangan diantaranya Air Asia QZ8454 rute Denpasar-Solo ditunda, serta Garuda Indonesia 222 rute penerbangan Cengkareng-Solo juga ditunda. Sedangkan penerbangan JT537 rute Solo-Cengkareng on ground.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Kawasan Kartasura dan Colomadu Diguyur Hujan Abu

Letusan gunung Merapi, Selasa(3/3/2020) menyebabkan hujan abu tipis di kawasan Kartasura dan Colomadu. Hujan abu tipis ini terjadi sejak sekitar pukul 08.00. Genting dan kendaraan warga yang diparkir diluar nampak dipenuhi abu vulkanik.

“Hujan abu terjadi sejak tadi sekitar pukul 08.00, sampai sekarang pukul 10.00 masih terjadi, kata Supri warga Tohudan Colomadu Karanganyar, Selasa(3/3/2020).

Baca Juga :  Kasus DBD Solo Melonjak, 2 Pasien Meninggal Dunia

Hal senada juga diungkapkan oleh Retno warga Kartasura Sukoharjo. ” Hujan abu tipis terjadi di kawasan kartasura seja pukul 08.00 WIB tadi tapi sekarang tambah lebat.

Seperti diketahui, Gunung Merapi diperbatasan DIY dan Jateng erupsi atau meletus kembali pada Selasa (3/3/2020) pagi. Salah satu gunung api teraktif di dunia itu menyemburkan abu vulkanik setinggi 6.000 meter.

Erupsi Merapi terjadi Selasa (3/3/2020) pukul 05.22 WIB. Data BPPTK Yogyakarta menunjukkan amplitudo letusan 75 mm dan durasi 450 detik. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com