JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Menengok Program Sedekah Jumat Berkah di Masjid Al-Falah Sragen Yang Mampu Bangkitkan Animo Masyarakat. Jumlah Donatur Kian Meningkat, Animo Jemaah Juga Melonjak dari 1.000 Jadi 2.500 Jemaah Tiap Jumat

Para abdi dalem Masjid Raya Al Falah Sragen menyiapkan paket nasi untuk program sedekah Jumat Berkah yang dibagikan gratis ke jemaah, Jumat (13/3/2020). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Para abdi dalem Masjid Raya Al Falah Sragen menyiapkan paket nasi untuk program sedekah Jumat Berkah yang dibagikan gratis ke jemaah, Jumat (13/3/2020). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Manajemen Masjid Raya Al-Falah Sragen terus menebarkan keberkahan dengan meluncurkan program-program unggulan untuk memakmurkan masjid.

Salah satunya adalah program Jumat Berkah dengan berbagai ribuan nasi kotak dan nasi bungkus kepada jamaah.

Seperti Jumat (13/3/2020) pagi tadi, sekitar 2.600 paket nasi komplit dibagikan kepada jemaah salat Jumat yang hadir.

Gayung bersambut, program itu ternyata juga mendongkrak animo masyarakat dan jemaah untuk hadir beribadah salat Jumat di masjid terbesar di jantung Kota Sragen itu.

“Hari ini ada 2.600 paket nasi yang kita bagikan. Terdiri dari 1.300 nasi boks, 1200 nasi bungkus dan 100 paket nasi untuk anak yatim. Yang 2.500 paket nasi kita bagikan ke jemaah salat Jumat di sini dan masjid sekitar. Yang untuk anak yatim, dibagikan sore untuk makan sore mereka,” papar Direktur Operasional Masjid Raya Al Falah Sragen, Eko Wijiyono, di sela menyiapkan paketan nasi yang akan dibagikan tadi pagi.

Ia menuturkan jumlah paket yang dibagikan hari tadi, meningkat dari sebelumnya. Sebelumnya ketika program Jumat Berkah dilaunching sebulan lalu, jumlah paket nasi yang dibagikan hanya 800 paket.

Baca Juga :  Berikut Identitas Lengkap 4 Warga Sragen Yang Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini. Satu Orang Masih Bocah, Dua dari Sumberlawang!

Kemudian pekan berikutnya terus meningkat hingga jumat ini sudah mencapai di atas 2000 paket.

Menurutnya hal itu tak lepas dari animo para dermawan dan donatur yang senantiasa meningkat dari pekan ke pekan untuk andil bersedekah lewat program Jumat Berkah Masjid Al Falah.

“Hari ini tadi dari RSUD Sragen 400 paket dan dari Pak Rahman Permata Hati 100 paket serta beberapa donatur lainnya. Ada yang mendonasikan uang nanti distribusinya manut sini. Ada juga yang memesan ke sini, nanti pembagiaanya menurut pesanan mereka. Kita yang antar ke masjid-masjid sesuai keinginan mereka,” terangnya.

Para karyawan atau abdi dalem menyiapkan paket sedekah di dapur Masjid Raya Al Falah Sragen. Foto/Wardoyo

Pria yang akrab disapa Gus Kowi itu menyampaikan seiring dengan program itu, antusiasme jemaah untuk hadir salat Jumat juga meningkat. Jika sebelumnya hanya sekitar 1.000 jemaah, kali ini bisa meningkat hingga 2.500 ketika salat Jumat.

“Kadang jemaah sendiri juga bawa sedekah untuk dibagikan di sini. Alhamdulillah, selain semangat ibadah meningkat, jiwa untuk bersedekah mereka juga makin meningkat. Lalu jumlah donatur yang menyedekahkan ke sini juga terus nambah. Bahkan RSUD itu sekarang rutin tiap jumat ikut program Jumat berkah,” terangnya.

Baca Juga :  Kabar Baik, 3 Warga Sragen Positif Covid-19 Kembali Dinyatakan Sembuh. Total Sudah 60 Pasien Sembuh, Tinggal 23 Pasien Dirawat, 3 Meninggal Dunia

Diuraikan, ribuan paket sedekah itu selalu habis dibagikan. Biasanya pembagian dilakukan sehabis salat Jumat.

Semua paket sedekah itu disiapkan oleh para pengurus di Masjid Al Falah. Dengan kian meningkatnya animo masyarakat berdonasi, logistik pun mengikuti.

Ribuan paket nasi kotak siap dibagikan ke jemaah salat jumat. Foto/Wardoyo

Ia menuturkan untuk program Jumat Berkah, Buka Puasa Gratis Senin Kamis, sekarang setiap minggu jumlah beras yang dimasak untuk sedekah mencapai 10 kuintal. Kemudian bahan lauk yakni ayam sepekan bisa mencapai 200 kilogram.

“Semua itu untuk menyuplai program sedekah kita yang kita gulirkan mulai dari buka puasa Senin Kamis, Jumat Berkah, dan Minggu Ceria,” tukasnya.

Direktur Operasional Masjid Raya Al Falah Sragen, Eko Wijiyono saat menunjukkan ratusan paket sedekah yang akan dibagikan ke masjid-masjid di sekitar Masjid Raya Al Falah dan di wilayah Sragen. Foto/Wardoyo

Untuk Bulan Ramadhan, Eko memprediksi akan makin meningkat. Pihaknya merencanakan 3.000 porsi untuk buka dan 500 porsi untuk sahur atau subuh. Untuk menyuplai program sedekah, selama Ramadhan nanti kita akan merekrut 150 relawan yang nanti juga akan kita lantik.

“Semua itu memang kita gencarkan dengan tujuan utama memakmurkan masjid, bagaimana mengajak masyarakat untuk lebih rajin beribadah berjamaah di masjid,” tandasnya. Wardoyo