JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tanah Ambles Dusun Banaran Desa Gambirmanis Pracimantoro Wonogiri. Jalan Utama Rusak Melintas Harus Hati-hati


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pengguna jalan yang hendak melintas di jalur sekitar Dusun Bakalan Desa Gambirmanis Kecamatan Pracimantoro Wonogiri mesti ekstra hati-hati.

Pasalnya terjadi tanah ambles hingga mengakibatkan dua jalan mengalami kerusakan.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Jumat (13/3/2020) mengatakan, sebelumnya terjadi hujan deras berdurasi lama. Kondisi tanah sekitarnya telah jenuh. Hal ini mengakibatkan penurunan struktur tanah di dua lokasi dusun yang sama.

Baca Juga :  Geger Fenomena Angin Puting Beliung di Atas Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Berukuran Besar Beputar 15 Menit, Begini Kata Kepala BPBD Wonogiri

“Lokasi pertama dengan panjang 20 meter tinggi ketinggian tanah sekitar 3 meter sedangkan yang satunya panjang 70 meter tinggi sekitar 3 meter,” jelas dia.

Kondisi struktur tanah mengalami penurunan akibat talut penyangganya mengalami pergeseran. Jalan yang mengalami penurunan merupakan jalur utama antar dusun.

Baca Juga :  Joko Sutopo Alias Jekek Tak Hadiri Penetapan Dirinya Sebagai Pemenang Pilkada Wonogiri 2020, Ternyata ini Penyebabnya

Untuk sementara kondisi jalan masih dapat dipergunakan. Namun kendaraan harus melintas ke samping menghindari konstruksi tanah yang terdampak.

“Upaya pemulihan dengan cara ditimbun pada tanah yang telah mengalami keretakan dan BPBD menyampaikan saran teknis agar aliran air dialihkan dari tanah yang retak,” sebut dia. Aria