JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Apresiasi Penanganan Covid-19, Fraksi Demokrat Sragen Usulkan Tagihan Pelanggan PDAM Disubsidi Minimal 50 %, Setuju?

Mualim Sugiyono/Yok

MUALIM
Mualim Sugiyono/Yok

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Fraksi Demokrat DPRD Sragen mengapresiasi langkah Pemkab Sragen dalam penanganan covid-19 atau corona virus.

Namun, fraksi ini juga mengusulkan agar Pemkab juga memberikan subsidi minimal 50 % potongan tagihan bagi pelanggan PDAM akibat dampak corona virus saat ini.

Hal itu disampaikan Sekretaris Fraksi Demokrat Sragen, Mualim Sugiyono, Kamis (2/4/2020). Ia mengatakan sangat mengapresiasi langkah cepat Pemkab dalam mencegah dan menangani wabah covid-19 di Sragen.

“Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Pemkab terutama dalam melakukan penanganan ODP dan PDP. Lalu pemantauan PP juga sudah digerakkan hingga sampai desa bahkan RT. Kemudian penyemprotan desinfektan juga sudah berjalan sampai ke desa. Mudah-mudahan dengan sinergitas bersama ini, kasus covid-19 di Sragen bisa makin menurun dan segera mereda,” paparnya.

Baca Juga :  Ini Daftar 20 Warga Sragen yang Positif Terpapar Covid-19 Hari Ini. Jeruk Miri, Sragen Kota dan Gemolong Nambah Terus

Lebih lanjut, legislator asal Gesi, Sragen itu juga mengusulkan agar Pemkab bisa memberikan subsidi berupa keringanan bagi pelanggan PDAM. Subsidi itu diberikan agar membantu para pelanggan dan masyarakat yang saat ini sedikit terpukul ekonominya dampak covid-19.

Ia mengusulkan besaran subsidi itu minimal 50 persen sehingga bisa sedikit meringankan beban masyarakat.

“Karena masyarakat saat ini benar-benar terdampak dari adanya covid-19 ini. Perekonomian menurun karena mobilitas dan aktivitas usaha juga dibatasi. Karenanya alangkah baiknya Pemkab bisa memberi subsidi keringanan misalnya untuk tagihan PDAM. Minimal 50 persen, syukur bisa lebih,” terangnya.

Baca Juga :  Berikut Daftar 38 Warga Sragen yang Positif Terpapar dan Meninggal Dunia Hari Ini. Ada Bayi 8 Bulan dari Bendungan Hingga Kakek 71 Tahun asal Karanganyar

Terpisah, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat konferensi pers dengan wartawan di ruang Sukowati Setda Kamis (2/4/2020) tadi menyampaikan Pemkab juga sudah berwacana untuk memberikan subsidi itu.

Saat ini, pihaknya masih meminta PDAM untuk menghitung besaran subsidi dan berapa kisaran yang akan diberikan untuk masyarakat utamanya pelanggan PDAM.

“Kami masih berhitung. Senin besok kami akan panggil Dirut PDAM untuk subsidi ini. Ya memang harus ada wujud kepedulian bersama,” tuturnya. Wardoyo