JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Masyarakat Diimbau Tak Ziarah Kubur Jelang Ramadan 2020, Maaf Memaafkan Cukup Lewat Medsos

Ilustrasi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menjelang datanganya bulan Ramadan tahun ini, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan ziarah kubur sebagaimana tradisi biasanya.

Imbauan itu disampaikan oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, terkait pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Sebaiknya agenda ziarah kubur ditiadakan dan diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing,” ujar Zainut lewat keterangan tertulis, Sabtu ( 18/4/2020).

Baca Juga :  Pidato Sidang Umum PBB: Presiden Jokowi Tegaskan Setiap Negara Berhak untuk Akses Vaksin Covid-19, Sebut Vaksin Jadi Game Changer Perang Global Melawan Pandemi

Begitu juga dengan kegiatan silaturahmi dan saling meminta maaf, kata Zainut, bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring mengingat masih ada kebijakan physical distancing dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini juga menganjurkan agar masyarakat menyegerakan pembayaran zakat harta pada saat pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Kemitraan Desak Pemerintah Tunda Pelaksanaan Pilkada 2020, Ini 4 Alasannya

“Hal ini sangat membantu saudara-saudara kita yang terdampak Corona,” ujar dia.

Sementara untuk zakat fitrah, ujar Zainut, sebaiknya dibayarkan pada awal bulan Ramadhan dan tidak harus menunggu sampai akhir Ramadhan. Tujuannya, untuk membantu orang-orang yang berhak menerima zakat.

www.tempo.co