JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Mudik dan Pulang Kampung versi Jokowi, Ini Penjelasan Ahli Linguistik UGM

Ilustrasi mudik via pesawat. Foto/Tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM – Ahli Linguistik Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. I Dewa Putu Wijana, menerangkan fenomena perbedaan istilah mudik dan pulang kampung yang dilontarkan Presiden Jokowi. Putu menjelaskan sejatinya kedua istilah itu bersinonim.

“Tetapi karena faktor kemasyarakatan, kata itu mengalami perubahan makna. Paling tidak menurut persepsi Jokowi,” kata Putu kepada Tempo, Kamis, 23 April 2020.

Putu menerangkan, dalam persepsi Jokowi, pulang kampung memiliki makna lebih umum. Sedangkan mudik adalah pulang kampung dalam waktu singkat yang umumnya dilakukan menjelang Idul Fitri.

Baca Juga :  Usai Gugatannya Ditolak MK, OSO hingga Hary Tanoe Merapat di Kediaman Megawati, Bahas Kemungkinan Jadi Oposisi

Dari tradisi inilah kedua istilah itu akhirnya mengalami perbedaan makna. “Lebaran berpengaruh pada perubahan bahasa itu,” ucapnya.

Perbedaan istilah antara mudik dan pulang kampung sebelumnya diungkapkan Jokowi dalam wawancara bersama Najwa Shihab yang disiarkan Trans7 pada Rabu, 22 April 2020. Dalam tayangan itu, Jokowi mengatakan mudik merupakan pergerakan orang ke kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” kata Jokowi. Dalam acara tersebut, Jokowi mengatakan pulang kampung dilakukan oleh orang-orang yang bekerja di Jakarta namun memutuskan kembali ke kampung karena tak ada pekerjaan.

Baca Juga :  Ingat Bharada Richard Eliezer di Kasus Ferdy Sambo? Kini Resmi Menikah dan Pindah Agama

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mudik merupakan kata kerja untuk (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman). Lalu pengertian selanjutnya adalah kata kerja percakapan (v cak) untuk pulang ke kampung halaman.

Sedangkan untuk pulang kampung, KBBI menampilkan definisi berupa kembali ke kampung halaman dan mudik. KBBI mencontohkan dengan kalimat “dia — kampung setelah tidak lagi bekerja di kota.”

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com