JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Perangi Corona Virus, Bhabinkamtimbas Kandangsapi Sragen Terjun Awasi Warga Isolasi Mandiri Hingga Malam Hari. Kades Sebut Hingga Kini Masih Steril Kasus Covid-19

Bhabinkamtibmas Desa Kandangsapi, Jenar, Bripka Agus saat melakukan pengawasan di Posko Satgas Covid-19. Foto/Wardoyo
Bhabinkamtibmas Desa Kandangsapi, Jenar, Bripka Agus saat melakukan pengawasan di Posko Satgas Covid-19. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Wabah corona virus atau covid-19 yang terus mengancam, membuat warga dan elemen masyarakat terus menggerakkan upaya pencegahan.

Tak hanya itu, jajaran TNI Polri juga turut proaktif melakukan pengawasan terhadap para pelaku perjalanan (PP) yang datang maupun yang menjalani karantina mandiri.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Kandangsapi, Kecamatan Jenar, Bripka Agus Budiantoro. Personel Polsek Jenar yang bertugas sebagai Bhabin Desa Kandangsapi itu terjun langsung bersiaga 24 jam membantu pengawasan warga pelaku isolasi mandiri.

Bhabin yang akrab disapa AB itu tak segan meski harus melakukan pengecekan rumah warga pelaku isolasi mandiri di malam hari untuk memastikan ketaatan mereka terhadap anjuran Satgas Covid-19.

“Ini sudah bagian dari tugas kami. Meskipun malam hari, tidak masalah. Karena ini bagian pengabdian dan Alhamdulillah selama ini semua elemen di Desa Kandangsapi guyub rukun dan selalu berkoordinasi dalam penanganan wabah covid-19 ini. Baik Satgas Covid, perangkat desa, Pemdes dan warga, semua berperan aktif,” paparnya Kamis (16/4/2020) malam.

Baca Juga :  Bikin Deg-Degan, Kabar Terbaru dari Saiful Hidayat Soal Peluang Pasangan Sukiman-Iriyanto Daftar ke KPU. Perpanjangan Pendaftaran Akan Ditutup Besok Pukul 24.00 WIB!

Agus menguraikan kegiatan pemantauan isolasi mandiri ke warga selalu dilakukannya bersama dengan RT dan RW serta Satgas.

Kades Kandangsapi, Pandu mengungkapkan Satgas Covid-19 di desanya sudah dibentuk lebih awal yakni pada 30 Maret 2020 lalu. Berbagai hal sudah dilakukan dan terus digencarkan untuk mencegah penyebaran covid-19 di desanya.

Di antaranya, penyemprotan desinfektan dilakukan menyeluruh ke 33 RT. Penyemprotan dilakukan serempak dengan melibatkan Satgas Covid-19, RT, karang taruna dan relawan.

Pengecekan oleh tim Satgas. Foto/Wardoyo

Langkah itu dilakukan untuk mencegah penyebaran corona dan memastikan Kandangsapi terbebas dari virus covid-19.

“Tadi penyemprotan desinfektan menyeluruh ke 33 RT. Ini yang kedua setelah yang pertama Jumat kemarin. Alhamdulillah, Satgas Covid-19 juga sudah terbentuk dan sudah bertugas sesuai dengan tupoksinya. Sehingga sampai saat ini semua berjalan lancar dan belum ada kasus covid-19 di Kandangsapi,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM di sela kegiatan akhir pekan kemarin.

Baca Juga :  Curhat Sukiman Usai Gagal Daftar ke Pilkada Sragen. Ungkap Perjuangan 10 Hari Rela Bertahan di Jakarta Demi Kejar Rekom, Ternyata Semua Ikhtiar Berakhir Sia-Sia

Selain penyemprotan desinfektan, Pemdes juga membagikan masker ke warga.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga, sosialisasi terus digencarkan baik langsung ke warga, lewat leaflet maupun baliho yang dipasang di sejumlah titik strategis di desanya.

Semua itu dilakukan guna memberikan pemahaman dan menggugah kesadaran warga untuk mencegah penyebaran corona melalui pola hidup bersih, cuci tangan, jaga jarak dan menaati anjuran berdiam di rumah.

“Selebaran kewaspadaan covid-19 juga kita sampaikan ke rumah-rumah warga. Alhamdulillah untuk desa kami berjalan lanca dan sampai hari ini belum ada kasus Anggaran kita lakukan pengalihan dari dana desa dan Silpa 2019 sesuai ketentuan. Sampai hari ini belum ada kasus di Kandangsapi dan mudah-mudahan tidak ada,” tukasnya. Wardoyo