JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Selamat, Karanganyar Kembali Raih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian oleh BPK. Jadi Keenam Berturut-Turut

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memimpin konferensi pers. Foto/Wardoyo
   
Bupati Karanganyar, Juliyatmono memimpin konferensi pers. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabupaten Karanganyar kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019.

Predikat itu diberikan setelah BPK melakukan pemeriksaan keuangan kepada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Blora.

“Pemeriksaan tidak ada yang kami kurangi tetap sesuai dengan standar keuangan negara. Diantaranya kesesuaian standar keuangan pemerintahan, kecukupan penerapaan, kepatuhan terhadap peraturan perundangan dan efektivitas kinerja pemerintahan,” papar Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Ayub Amali dalam video conference dengan Pemkab Karanganyar dan Blora, Senin (27/4/2020).

Ayub menguraikan adanya wabah covid 19, memang berdampak pada metode pemeriksaan. Jika sebelumnya full di lapangan, saat ini terpaksa menggunakan metode audio visual.

Namun, karena Karanganyar pada awal-awal sudah menyerahkan sehingga di kabupaten tersebut masih dipergunakan metode lapangan dan sebagian audio visual.

“Sekali lagi, pemeriksaan keuangan tidak ada yang kami kurangi. Sesuai menggunakan standar keuangan pemerintah,” tandasnya.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengucapkan terima kasih yang telah memberikan penghargaan dengan predikat WTP.

Menurutnta, hal itu penting karena mencermikan kinerja pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang transparan, akuntabel dan profesional.

“Selamat kepada Pemkab Karanganyar yang kembali mempertahankan WTP ke 6 kali berturut-turut dalam pengelolan keuangan 2019. Tanpa dukungan masyarakat, mustahil kita mendapatkan penghargaan tersebut,” katanya.

Jika ada catatan dari BPK, Bagus Selo meminta pemerintah daerah untuk menindaklanjuti perbaikannya. Sehingga pengelolaan lebih akuntabel dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengajak bersyukur kepada Allah ditengah pandemi covid-19 masih diperkenakan mengadakan acara ini.

Pihaknya berharap covid-19 segera berakhir dan pergi selama-lamanya. Bupati mengucapkan terima kasih kepada BPK yang telah memeriksa keuangan dari Pemkab Karanganyar.

“Alhamdulilah kami masih mampu mempertahankan WTP dan catatan yang ada akan kami tindaklanjuti. Opini memberikan kami semangat untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Karanganyar,” ungkap Yuli. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com