JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menhub Budi Karya Sudah Negatif Corona, Siap Kembali Bekerja

Budi Karya Sumadi / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah dua kali menjalani tes reserve transpranse Polymerase Chain Reaction (PCR Covid-19) di RSPAD Gatot Subroto, akhirnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dinyatakan negatif virus Corona.

Hal itu ditegaskan oleh Wakil Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Brigjen TNI A Budi Sulistya.

“Dari kriteria kesembuhan, beliau sudah negatif dan saat ini beliau dalam proses pemulihan pasca-rawat serta sedang menjalani perawatan beberapa penyakit yang jadi latar lebakang sebelumnya,” ujar Budi Sulistya dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin (27/4/2020).

Budi Karya dinyatakan negatif setelah menjalani rangkaian tes PCR untuk yang kedua kalinya pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, ia sempat menjalani perawatan selama 18 hari di RSPAD Gatot Subroto dan 27 hari menjalani perawatan mandiri di rumah dinas.

Baca Juga :  Tambah 6 Positif dan 1 Sembuh, Berikut Daftar Lengkap Pasien Positif Covid-19 Sragen Hari Ini. Ada 3 Orang dari Gemolong dan 2 dari Masaran!

Menurut Budi Sulistyo, Budi Karya dirawat sejak 13 Maret 2020. Ia sempat tidak sadarkan diri selama 14 hari dan harus memakai alat bantu medis.

Budi Karya mulanya dirawat dengan diagnosis penyakit tifoid. Namun, setelah dilakukan pengetesan swab, barulah diketahui bahwa ia positif terpapar virus corona.

Adapun saat ini, Budi Sulistyo memastikan Budi Karya sudah bisa menjalankan aktivitasnya seperti semula. Namun, kegiatan itu harus dilakukan dari rumah alias work from home.

Di sisi lain, ia memastikan pasiennya masih harus terus menjalani perawatan jalan atau kontrol. Tim dokter, kata dia, akan rutin memeriksa keadaannya.

Budi Karya mengapresiasi tim medis RSPAD Gatot Subroto yang telah berperan besar dalam penyembuhannya dan penyembuhan pasien virus corona lainnya.

Baca Juga :  Mutilasi di Kresek dalam Koper, Polisi Kantongi Identitas Pelaku

“Jujur saya belum pernah diperlakuan seperti ini. Kerja keras dari RSPAD perlu diapresiasi. Saya beserta keluarga mengucapkan terima kasih,” ucap dia.

Budi Karya memastikan, pada 5 Mei nanti, ia akan kembali menjalankan tugasnya sebagai Menteri Perhubungan. Bahkan hari ini pun, ia telah mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya.

Pekan lalu, setelah dinyatakan negatif Covid-19, Budi Karya sejatinya mengakui telah menyerahkan surat sehatnya kepada Kementerian Sekretaris Negara.

“Saya sudah diminta Setneg pada Jumat lalu. Dan saya nyatakan sudah selesai isolasi,” tuturnya.

www.tempo.co