JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

ACT Ajak Masyarakat Semarakkan Malam Kemenangan dengan Muhasabah Akbar

   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Seperti saat Ramadan, umat Muslim di dunia juga menyambut Idul fitri tahun ini dalam kondisi pandemi Corona. Larangan mudik dan perubahan hari libur Lebaran telah ditetapkan pemerintah demi menekan lajunya penderita Covid-19.

Agar malam kemenangan tetap semarak dan penuh kesyahduan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak publik untuk menyaksikan Muhasabah Akbar. Dengan tetap memperhatikan kaidah pembatasan jarak sosial, acara akan berlangsung secara daring pada Sabtu (23/5) nanti, mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB.

“Tujuan dari acara ini, kita ingin mengajak semua elemen masyarakat memanfaatkan momentum akhir menyambut hari kemenangan dengan wujud syukur melalui Muhasabah Akbar dan doa bersama untuk keselamatan umat Islam dan seluruh bangsa Indonesia,” kata Lukman Azis, Direktur Komunikasi ACT, pada Rabu (20/5) ini.

Muhasabah Akbar akan dihadiri oleh beberapa pendakwah yang akan mengisi kajian. Mereka antara lain Ustaz Amir Faishol Fath, Ustaz Hilman, Syeikh Ali Jaber, dan Mamah Dedeh. Selain itu, 12 qari Internasional akan turut melantunkan ayat-ayat Alquran di acara ini.

Baca Juga :  Dua Santriwati Ponpes Manba'ul Alaa Korban Terseret Arus Banjir Grobogan Berhasil Ditemukan

Acara yang akan dipandu oleh beberapa anggota Kajian Musawarah, yakni Chand Kelvin, Reza Aditya, dan Ali Zaenal ini juga akan menghadirkan hiburan dalam Konser Kemanusiaan. Sejumlah musisi akan meramaikan segmen tersebut. Salah satunya adalah grup Adam, yang populer mengkover lagu “Aisyah”.

Melalui segmen Humanity Talks, para relawan akan membagi pengalaman mereka selama berkecimpung di dunia kemanusiaan yang salah satunya dipandu oleh Fenita. Humanity Talks juga akan diramaikan oleh Din Syamsudin dan Anies Baswedan. Selain itu ada juga laporan langsung dari aksi-aksi kemanusiaan ACT pada malam takbiran nanti.

Lukman menjelaskan, selain untuk muhasabah diri, acara ini juga bertujuan untuk menggalang kepedulian terhadap sesama. Kepedulian digalang melalui program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (UMI) dan membantu saudara di Palestina.

“Jadi kita akan benar-benar merangkul dan berkolaborasi aktif bersama para dai atau ustaz, artis, komunitas dan donatur atau sahabat dermawan melalui aksi nyata bersama. Insyaallah, Muhasabah Akbar ini tidak hanya menjadi sarana evaluasi diri kita bersama, tetapi juga dapat menggerakan dan menginspirasi orang lain untuk berbagi kepedulian,” jelas Rachmat.

Baca Juga :  Tragis! Saat Bangunkan Warga untuk Sahur, Remaja Semarang Ini Disabet Celurit Preman

Acara ini terselenggara berkat dukungan dengan berbagai pihak seperti dari media, diantaranya Tribunnews.com, Gatra Media Group, hidayatullah.com, chanelmuslim.com, Jurnalislam.com, Salam-Online.com, kiblat.net, Suaramuslim.net, gomuslim.co.id, Timesindonesia.co.id, Malangpostonline.com, City Guide 911 FM, Suara Muslim 93.8 FM, Solopos 103 FM, soloposfm.com, RRI Malang, Prima TV, NET TV, dan RCTI+. Tidak luput juga akun-akun instragram seperti @Jakarta.ku, @Bekasi24jam, dan @InfoDepok.

Bagi sahabat dermawan yang berminat mengikuti Muhasabah Akbar ini dapat melakukan registrasi melalui tautan https://bit.ly/muhasabahakbar1441H. Lukman berharap sahabat dermawan dapat ikut serta dalam acara ini.
“Mari kita jadikan acara ini sebagai momentum sekaligus wujud syukur atas nikmat dan ampunan Allah dengan mengevaluasi diri bersama – sama. Semoga seluruh ibadah selama puasa diterima Allah, dengan menjadi pribadi bertaqwa dan menjadikan Indonesia yang lebih baik, dan mudah-mudahan kita bisa terbebas dari pandemi Covid-19,” harap Rachmat. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com