JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cegah Corona, Perawatan Satwa Kebun Bintang Jurug Lebih Intensif, Petugas Juga Diperiksa Ketat

Satwa kebun binatang Jurug dirawat lebih intensif seperti diberikan makanan dan tambahan multivitamin agar imunitas semakin bertambah. Pembersihan rutin kandang dengan disinfektan juga dilakukan. Foto:JSNews/Prabowo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebun Binatang Jurug telah ditutup sementara semenjak pandemi Covid-19 di Kota Solo. Aktivitas kunjungan wisatawan juga dihentikan untuk mencegah penyebaran Corona.

Namun demikian, kondisi itu tak mengurangi tingkat perawatan kepada satwa di kebun binatang tersebut. Bahkan, perawatan lebih diperketat dan intensif guna mencegah penularan Corona ke para binatang.

“Perawatan satwa lebih intensif seperti pemberian makanan dan tambahan multivitamin agar imunitas semakin bertambah. Pembersihan rutin kandang dengan disinfektan juga dilakukan,” kata dokter hewan Kebun Binatang Jurug, Hammada Raudlowi kepada awak media, Sabtu (02/05/20).

Baca Juga :  Sempat Diamankan, 27 Orang Termasuk Anggota PSHT Dipulangkan, Motor Tetap Ditahan

Tak hanya satwa, tingkat pengawasan kesehatan dan kebersihan juga dilakukan kepada semua petugas, termasuk penjaga kandang. Selain wajib menggunakan masker, petugas juga menjalani tes medis sebelum bekerja.

“Semua penjaga (kandang) juga termasuk petugas medis wajib menjalani tes kesehatan lebih dulu. Apakah sedang sakit atau tidak, sebagai tindak pencegahan,” ujar dia.

Baca Juga :  Covid-19 Masih Merajalela di Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Masyarakat, Ini Saran Ahli Farmasi

Hammada memastikan, semua hewan saat ini dalam keadaan sehat. Berhentinya aktivitas kunjungan juga berdampak positif pada kondisi hewan.

“Karena tidak ada pengunjung, kondisi saat ini stresnya terlihat menurun. Jadi aktivitas satwa meningkat dan berkembang dari sebelumnya,” pungkasnya. Prabowo